Sukses

Cairan dari Penis

17 Dec 2014, 03:16 WIB
Pria, 17 tahun.

dok, saya bingung ketika saat keluarnya sperma dari penis. kadang itu air kencing atau sperma? apa sih perbedaan air kencing dan sperma? soalnya bingung ketika ada yang keluar itu air kencing atau sperma

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Cairan yang keluar dari alat genital sebenarnya ada 3 macam; air kencing/urine, cairan semen/mani, sperma. Ketiga jenis cairan tersebut keluar pada satu lubang yang disebut uretra. 

Urin merupakan manifestasi dari hasil mekanisme metabolisme tubuh, sementara cairan semen dan sperma merupakan dua cairan yang dikeluarkan saat terjadi rangsangan seksual dan berfungsi untuk membantu proses pembuahan. Ketika Anda akan ejakulasi secara otomatis sfingter uretra eksternum (pintu penutup kandung kemih) akan tertutup dan memaksa cairan ejakulasi untuk keluar melalui uretra sehingga air mani tidak akan keluar bersamaan dengan urin. Ketika saat ejakulasi yang keluar adalah air seni, maka kemungkinan terdapat masalah di dalam pengontrolan sfingter tersebut. Hal ini harus dicari penyebabnya. Air seni berbeda dengan cairan semen, umumnya urin berwarna kekuningan dan encer.

Sebenarnya kedua cairan(semen dan sperma) untuk membantu proses pembuahan tersebut tidak jauh berbeda, keduanya berfungsi alami pada saat tubuh menerima rangsang seksual. Yang menjadikan sedikit perbedaan adalah tampilan luarnya, cairan semen merupakan cairan bening berasal dari kelenjar prostat (60%), kelejar vesika seminalis (30%)dan sedikit dari kelenjar bulbourethral.

Cairan semen berfungsi membantu transportasi, memberi nutrisi, dan membantu pergerakan sperma serta memiliki fungsi lubrikasi saat proses penetrasi akan terjadi. Cairan semen mengandung cairan basa yang dapat menetralisir asam pada uretra laki-laki dan vagina wanita. Fungsi ini penting untuk melindungi sperma,karena asam dalam konsentrasi tinggi dapat membunuh sperma. Sementara cairan yang dominan berwarna putih diyakini lebih banyak memiliki kandungan sperma yang kaya akan protein. Sperma dihasilkan oleh testis dan dikeluarkan pada saat ejakulasi bersamaan dengan cairan mani.    

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kandungan cairan bening lubrikasi tersebut mengandung sperma atau tidak, hanya dengan pengujian laboratorium. Jika jumlah sperma yang ada memungkinkan untuk terjadi pembuahan, maka potensi terjadi kehamilan dapatlah terjadi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar