Sukses

Varikokel Tidak Dioperasi

18 Dec 2014, 14:16 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya mau konsultasi nih.. saya cerita sedikit boleh kan dok hehe.. begini, waktu yg lalu saya pernah mengikuti tes tentara tetapi saat menjalani tes kesehatan saya dinyatakan gagal, dari hasil tes di temukan penyakit serius yaitu varicocele. Kata dokternya untuk menyebuhkan penyakit itu harus dilakukan operasi. Akhirnya saya kembali ke tempat asal saya dan mencoba berobat ke dokter keluarga, saya di beri surat rujukan ke RSUD untuk mendatangi dokter ahli bedah.. saya mencoba mendatangi dokter tersebut, dan akhirnya saya hanya di kasih obat penghilang rasa nyeri, obat maag dan obat antobiotik. setelah obatnya habis saya kembali mendatangi dokter tersebut untuk check up, dokter menyuruh saya untuk melakukan rontgen, dari hasil rontgen tidak di temukan masalh serius, dan dokter kembali memberi obat yg sama. saya menjadi bingung, dokter tentara menganjurkan agar di operasi tetapi dokter ahli bedah hanya memberikan obat dan tidak mengambil tindakan operasi. sampai sekarang saya masih merasakan sakit.. bagaimana untuk solusinya dok? terima kasih... :-)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar) yang mempendarahi testis. Aliran darah di vena diatur dengan katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel.

Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna. Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah vakrikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut. Biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Pada pemeriksaan fisik dapat terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing.

Tidak semua varikokel membutuhkan operasi, yang memerlukan operasi adalah :
1. Jika varikokel tersebut dapat teraba (sudah cukup besar)
2. Jika suami dan istri terbukti ada infertilitas
3. Jika istrinya subur
4. Jika hasil tes sperma pada laki-laki membuktikan adanya gangguan

Apakah keadaan Anda memenuhi indikasi operasi varikokel seperti di atas?

Jika Anda memang masih ragu, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis urologi dan mendiskusikan pilihan-pilihan yang dapat Anda ambil untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar