Sukses

Mengobati Skabies

17 Dec 2014, 03:40 WIB
Pria, 20 tahun.

selamat sore dok, saya punya penyakit kulit gatel gatel katanya sih scabies, udah 3 bulan gak sembuh sembuh, pergi ketiga dokter yang berbeda tapi tetep belum sembuh, jadi kira kira saya minta sarannya untuk mengatasi penyakit saya ini, terimakasih

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah ketiga dokter menyimpulkan diagnosis yang sama? Skabies penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu / tungau / mite (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Penyakit Scabies ini juga mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Scabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprei, handuk, bantal, air yang masih terdapat kutu Sarcoptesnya.

Gejala Penyakit Scabies ditandai dengan rasa gatal yang sangat pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan. Rasa gatal ini menyebabkan penderita scabies menggaruk kulit bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi yang berbau anyir. Rasa gatal tersebut akibat kaki sarcoptes dibawah kulit yang bergerak membuat lubang dibawah permukaan kulit.

Penyebab Penyakit Scabies adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit scabies menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang scabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit scabies.

Pengobatan skabies memang dengan mengoleskan krim permetrin 5% seluruh tubuh dari leher ke bawah, selama semalam lalu basuh hingga bersih.  Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu. Untuk mengurangi gatal dapat dipergunakan pula antihistamin seperti CTM. 

Jika ketiga dokter yang Anda kunjungi mengatakan diagnosis dan terapi yang serupa, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda. Selain melakukan pengobatan yang diberikan, Anda juga harus mengeliminasi dan membasmi organisme penyebab yang ada di sekitar Anda, karena tanpa membasmi tungau tersebut tentunya keluhan Anda akan terus ada. Orang-orang yang berada dalam lingkungan yang sama dengan Anda juga perlu mendapat pengobatan untuk mencegah timbulnya efek 'ping pong phenomena', karena tungau ini menyerang secara berkelompok. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk membasmi keberadaan tungau di sekitar Anda antara lain, merendam pakaian, sprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas untuk membunuh tungau yang ada dan mencegah infeksi berulang. menjemur kasur, bantal dan guling di bawah sinar matahari secara berkala dan tidak menggunakan pakaian ataupun alat mandi secara bersamaan.

Berikut ini kami sertakan beberapa artikel yang kami miliki yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai Skabies :

Skabies

Sprei Kotor, Awas Skabies!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar