Sukses

Anak Demam dan Flek Paru

18 Dec 2014, 16:22 WIB
Wanita, 30 tahun.

Anak saya usia 2,7 tahun dirawat d rs krn panas sdh 5 hari tidak turun, dirawat sudah hampir 5 hari, panas masih belum reda, mulai panas saat malam menjelang subuh, sampai 39 drjt, perut kembung, hasil rontgen kena flek berobat jalan 9 bulan, kenapa panas masih belum juga turun, kenapa perutnya bisa kembung

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Flek paru dalam dunia medis merupakan TBC (tuberkulosis) paru. Infeksi TBC Paru pada anak seringkali diakibatkan karena adanya kontak dengan penderita TBC paru yang berada di sekitar anak Anda.

Adakah orang-orang di sekitar anak Anda yang mengalami sakit tersebut atau batuk-batuk lama yang tak kunjung sembuh? Tentunya, selain menjalani pengobatan anak Anda harus dijauhkan dari orang-orang dewasa di sekitarnya yang dicurigai mengalami penyakit TBC paru (tentunya menyarankan juga kepada orang yang dicurigai tersebut untuk berobat) karena jika tidak diobati maka mereka akan menular dan seterusnya berulang. Lalu tak lupa menjaga nutrisi makanan sehari-hari. .Namun, TBC pada anak sedikit berbeda dengan TBC pada orang dewasa karena biasanya tidak menyebabkan gejala batuk produktif sehingga kebanyakan tidak menyebabkan penularan. Penularan biasanya terjadi dari orang dewasa.

Beberapa gejala TBC yang terdapat pada anak:

 

  • Demam lama (> 2 minggu) tanpa sebab jelas dan demam tidak terlalu tinggi

  • Dapat disertai keringat malam

  • Batuk lama > 3 minggu

  • BB turun atau tidak naik dalam 1 bulan

  • Nafsu makan menurun/berkurang

  • Diare persisten yang tidak sembuh

untuk penegakan diagnosa TBC dapat melalui beberapa pemeriksaan penunjang seperti Uji tuberkulin (tes Mantoux),Foto toraks A/P atau P/A dan lateral,Pemeriksaan mikrobiologis basil tahan asam (BTA) secara langsung dan biakan Mycobacterium tuberkulosis dari bahan bilasan lambung atau sputum dan lain sebagainya.

Jadi kemungkinan demam anak Anda belum turun karena memang perjalanan penyakitnya seperti itu. Dan bila demam tinggi, perlu diperhatikan apakah ada kejang atau tidak.

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak Anda, Anda dapat menanyakan dan mendiskusikan hal ini kepada dokter yang merawat anak Anda. Dokter akan memberikan penanganan terbaik untuk anak Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar