Sukses

Benjolan di Payudara

18 Dec 2014, 11:45 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat sore dok, saya berusia 21 tahun dan belum menikah. saya ingin bertanya pada menstruasi saya pada bulan lalu muncul benjolan di sekitar payudara saya sebelumnya saya belum pernah menemukan benjolan pada payudara, benjolan tersebut terasa sakit namun bisa bergerak. setelah menstruasi berakhir benjolan tersebut hilang. tetapi akhir2 ini benjolan tersebut muncul kembali di sekitar area puting, benjolan terasa sakit dan tidak bisa bergerak, ukurannya kira2 seukuran kelereng. selain itu akhir2 ini juga saya merasa di area vagina kadang2 terasa sakit dan pegal. mohon penjelasannya dok, terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar

  • Permukaannya: licin atau berbenjol

  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)

  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya

  • Apakah ada nyeri

  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita  di bawah usia 30 tahun, tumor tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebutfibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Di bawah usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita.Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali Saudari memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara, Anda perlu lebih waspada terhadap  benjolan di payudara. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar