Sukses

Perdarahan Keguguran Belum Berhenti

17 Dec 2014, 04:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat siang, dokter. saya dwi (22 th). sekitar 1 bulan yang lalu saya mengalami keguguran, saat itu usia kandungan kurang lebih 12w. saya mulai pendarahan sejak tgl 7 september, tapi sampai sekarang (26 oktober) pendarahan masih berlangsung. pernah beberapa kali keluar darah coklat seperti mens yang sudah hampir selesai, saya kira pendarahan juga sudah mau selesai., tapi setelah itu merah lagi.. apakah ini normal dok? mohon jawaban dan sarannya ya dokter. terima kasih banyak..

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami perlu mengetahui berapa usia kehamilan saat hal tersebut terjadi? berapa jumlah darah yang keluar setiap harinya? apakah setelah keguguran dilakukan tindakan kuret? Sudahkah dilakukan USG untuk mengetahui ada atau tidaknya sisa jaringan? Sudahkah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan? Apakah penyebab dari keguguran?

Pada umumnya setelah satu minggu dari keguguran dan kuret, darah sudah tidak keluar lagi dan menstruasi berjalan normal. Apabila Anda minum obat untuk mengeluarkan janin dan janin keluar, variasi perdarahan dapat berlangsung beberapa hari bahkan sampai 2-3 minggu. Selama darah yang keluar semakin berkurang maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika darah yang keluar tidak berkurang atau makin banyak, maka sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan evaluasi lebih lanjut karena dikhawatirkan masih ada sisa janin didalam rahim sehingga memicu perdarahan yang lama.

Untuk memastikan bahwa kandungan sudah bersih dari sisa jaringan, maka diperlukan pemeriksaan USG baik USG Abdominal ataupun USG Transvaginal untuk melihat keadaan rahim dan ada atau tidaknya sisa jaringan. Untuk itu kami sarankan Anda mengkonsultasikan hal tersebut secara langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Jika perdarahan yang terjadi terus menerus dalam jumlah banyak tidak segera diatasi, dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan keselamatan penderita. Jika kadar hemoglobin sudah sangat rendah akibat perdarahan, maka diperlukan pertimbangan untuk pemberian transfusi darah.

Berikkut ini kami sertakan beberapa artikel terkait untuk menambah informasi Anda :

7 Makanan Sehat Penambah Darah

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar