Sukses

Demam Paska Vaksin Hepatitis

17 Dec 2014, 05:15 WIB
Wanita, 31 tahun.

Umur 1 hr stelah kelahirn...ank saya dibrikn imunisasi hepatitis.apakah efek dr suntikan itu?krn stelah 1 hr kaki ank saya agk panas..

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi anak Anda saat ini. Pemberian vaksinasi hepatitis B memang dianjurkan untuk diberikan saat lahir (0 bulan), saat usia 1 bulan, dan pada usia antara 3 hingga 6 bulan. Namun demikian, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pemberian vaksinasi hepatitis B3 dengan jarak pemberian 5 bulan dari pemberian hepatitis B2 (yaitu saat anak usia 6 bulan) akan memberikan respon tubuh yang lebih optimal jika dibandingkan pemberian vaksinasi hepatitis B3 dengan jarak pemberian kurang dari 5 bulan dari vaksinasi sebelumnya. Namun hal tersebut tidak perlu anda khawatirkan karena meskipun anak anda mendapatkan vaksinasi hepatitis B yang lebih cepat namun tubuh anak anda tetap mampu untuk memproduksi respon imun yang cukup untuk melindungi dirinya dari infeksi hepatitis B hingga usia produktifnya nanti.

Imunisasi hepatitis B umumnya aman dilakukan, baik pada anak, maupun dewasa. Jarang sekali ditemukan adanya efek samping setelah imunisasi hepatitis B. Kalaupun ada umumnya hanya terbatas pada gejala ringan seperti iritasi pada tempat injeksi (hanya ditemukan pada 1 dari 4 pasien), dan keluhan demam (hanya ditemukan pada 1 dari 15 pasien).

Demam yang anak anda alami kemungkinan besar meripakan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi(KIPI) vaksin hepatitis yang didapatnya jadi Anda tidak perlu terla khawatir. Untuk mengatasinya, anda dapat memberikan kompres hangat serta obat penurun panas. Namun, bila demam yang dialami anak anda makin memburuk dan atau disertai gejala lain, maka kami sarankan Anda untuk mengkonsultasikan kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak anda untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar