Sukses

Anak Sulit Minum ASI dan BB Sulit Naik

20 Dec 2014, 13:12 WIB
Wanita, 32 tahun.

Saya mau tanya dok..saya punya anak usia 5 bln,berat badannya susah sekali naik.Sekarang beratnya cuma 5,5 kg.Anak susah sekali minum ASI diberi susu formula juga gk mau.bagaimana solusinya?apa bisa diberi vitamin atau yang lain?

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Bagaimana perkembangan berat badan anak Anda sejak lahir? Makanan apakah yang anak Anda konsumsi sehari-hari? Bagaimana dengan jadwal makannya? Bagaimanakah aktivitas fisik anak Anda? apakah anak Anda memiliki keluhan dalam kesehatannya seperti demam, diare, muntah, batuk lama atau keluhan lain?

Menurut tabel pertumbuhan berat badan WHO, tinggi badan pada anak perempuan usia 5 bulan berkisar antara 59,9-68,2 cm (rata-rata 64,0cm ) dan berat badan berkisar antara 5,5-8,7 kg (6,9 kg). Sedangkan tinggi badan anak laki-laki usia 5 bulan antara 61,9-69-9 cm (rata-rata 65,9 cm ) dan berat badan berkisar antara 6,1-9,2 (rata-rata 7,5 kg). Sayang sekali Anda tidak mencantumkan jenis kelamin dan tinggi badan anak Anda. Berdasarkan nilai rujukan tersebut, kondisi berat badan anak Anda berada di bawah nilai rata-rata anak seusianya.

Sedangkan menurut KMS (Kartu Menuju Sehat), berat badan normal anak usia 5 bulan adalah sekitar 7 kg (sesuai dengan garis yang berwarna hijau tua pada Kartu Menuju Sehat). Bagaimanakah dengan perkembangannya? Mungkin rendahnya berat badan anak anda disebabkan karena cara pemberian ASI yang kurang tepat.

ASI merupakan bahan makanan terbaik untuk bayi. ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan bayi hingga usia 6 bulan. Karena itu anda tidak perlu menambahkan susu formula atau berbagai jenis vitamin lainnya untuk anak anda yang masih berusia 5 bulan dan masih mengkonsumsi ASI ekslusif.

Perbaikilah cara pemberian ASI yang sedikit-sedikit tapi sering. Mulailah untuk memberikan ASI dari awal hingga akhir (hingga ASI anda habis) setiap kali bayi anda menangis (merasa lapar) dan setiap kali anda merasa perlu menyusui bayi anda. Hal ini disebabkan karena ASI memiliki kandungan yang berbeda antara awal pemberian ASI dengan akhir pemberian ASI. ASI pada awal pemberian cenderung lebih encer dan banyak mengandung protein, laktosa, vitamin, mineral dan air. Sementara ASI pada akhir pemberian (menjelang ASI anda habis) terlihat lebih putih daripada ASI awal karena ASI di akhir pemberian ini mengandung lebih banyak lemak dan memberikan lebih banyak energi bagi bayi. Jika bayi anda hanya minum ASI sedikit-sedikit, maka ASI yang dikonsumsinya hanyalah ASI awal yang encer dan kurang mengandung lemak untuk pembentukan energinya. Karena kurangnya energi yang berasal dari ASI, maka Bayi anda akan mengambil lemak dari tubuhnya sendiri untuk menghasilkan energi. Karena itu berat badan bayi anda cenderung lebih rendah daripada normal. 

Jika bayi anda tergolong bayi yang tenang dan tidak pernah menangis saat lapar, maka anda harus berinisiatif untuk memberikan ASI lebih sering daripada yang diminta bayi anda. Berikanlah ASI lebih sering, sekitar 8-12x/hari, tiap-tiap payudara selama 10-15 menit (hingga ASI pada satu payudara habis, baru boleh berganti dengan payudara yang lain). Pada umumnya bayi akan selesai menyusui dalam waktu 5-10 menit, namun ada juga yang sampai setengah jam. Hal tersebut tidaklah menjadi masalah yang penting anda dapat memastikan bahwa bayi anda mendapatkan susu akhir yang kaya akan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang baik.

Pertambahan berat badan dapat terjadi apabila masukan atau input lebih besar dari keluaran atau output. Apabila anak Anda sangat aktif beraktifitas namun makannya kurang atau tidak adekuat, tentu saja kalori dari makanan akan terbakar seluruhnya untuk aktifitas sehingga berat badan anak Anda tidak akan bertambah.Pertumbuhan sangat dipengaruhi dengan faktor genetik dan lingkungan (nutrisi, hormonal, dan psikologis). 

Untuk melengkapi kebutuhan anak Anda akan gizi yang cukup dan sesuai dengan usianya, Anda dapat berkunjung ke halaman website kami di : jadwal makan bayi

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki, Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak Anda untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Berikut ini kami sertakan beberapa artikel untuk menambah pengetahuan Anda :

Mengatasi Anak Susah Makan

Trik Selera Makan Anak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar