Sukses

Gigi Berlubang, Karang Gigi dan Bau Mulut

28 Oct 2014, 16:41 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat siang. Ibu/Bpk, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas fasilitas konsultasi dari klikdokter.com Saya memiliki masalah bau mulut, gigi berlubang, dan gigi berkarang. Dan kebetulan saya memiliki fasilitas asuransi ABDA paket RG-75 dgn salahsatu jaminan rawat gigi. Saya ingin bertanya, bagaimana baiknya atau tips agar gigi saya tdk bermasalah seperti saya sebutkan di atas? Terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi dan masalah gigi dan mulut yang Anda alami. Sebelumnya saya akan menjelaskan dahulu mengenai karang gigi. Plak pada gigi yang tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi.  Mencegah terjadinya pembentukan karang gigi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi .

Dan tentu saja selain dapat mencegah terbentuknya karang gigi, dengan menyikat gigi secara benar juga dapat mencegah terjadinya gigi berlubang dan sakit gigi. Penyebab sakit gigi yang paling umum adalah gigi berlubang, maka jagalah kebersihan gigi dan juga hindari makanan yang dapat merusaknya seperti makanan manis yang lengket dan makanan yang bersifat sangat asam.

Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak. Dimana biasanya gusi menjadi turun tetapi tidak menyebabkan timbulnya celah pada gigi. Gigi bisa menjadi sensitif karena gusi yang turun tadi akan mengekspos bagian akar gigi dimana pda bagian ini lebih sensitif terhadap rangsangan tertentu.

Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic  ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.

Masalah bau Mulut dapat dihilangkan dengan cara mengatasi penyebabnya, dan penyebabnya dapat berasal dari dalam rongga mulut itu sendiri atau berkaitan dengan penyakit tertentu. Periksakanlah ke dokter gigi untuk mengetahui apakah penyebabnya berasal dari dalam rongga mulut atau bukan. Jika bukan maka dokter gigi akan merujuk Anda pada dokter yang lebih kompeten dalam menanganinya.

Pembersihan Karang Gigi Merusak Email?

Gusi Berdarah karena Karang Gigi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar