Sukses

Tanda Kesuburan Wanita

27 Oct 2014, 13:52 WIB
Wanita, 26 tahun.

Siang dok saya ingin tnya, sblm menikah saya sangat mudah menemukan masa subur saya dengan keluarnya lendir bening dan elastis, tetapi setelah menikah saya blm pernah menemukn lendir bening itu lgi pd masa subur saya, apakah itu berarti tidak terjadi ovulasi??... mhn responnya karena saya sangat mengharapkan kehamilan dok... terimakasih

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebenarnya jikalau seorang wanita ada dalam masa subur maka lendir serviksnya akan berubah menjadi lebih encer, bening, tidak terputus saat dipegang dan memanjang jika ditarik. Mungkin saja, Anda kurang mengamati hal tersebut. Apakah siklus menstruasi Anda teratur?

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir. Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.  Karena itu coba fokuskan untuk berhubungan sekitar masa subur tersebut. Berhubugan seksual sehari setelah selesai haid kemungkinan tidak dapat menyebabkan kehamilan. 

Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus Penghitungan Masa Subur:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. 

Baca pula artikel-artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Semoga Anda dapat segera memperoleh buah hati yang diidamkan!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (JF)

Salam sehat selalu, 

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar