Sukses

Jari Tangan Sulit Menggenggam di Pagi Hari

18 Dec 2014, 08:06 WIB
Pria, 51 tahun.

jari2 tangan saya (kiri/kanan) sulit untuk menggenggam terutama pada pagi hari. saya sudah cek darah untuk rematik, kolesterol dan asam urat. Semua hasilnya baik. keadaan ini sudah berlangsung 1-2 bulan. apakah ini masalah saraf atau masalah tulang/sendi. ke dokter spesialis apa yg harus saya cari. saya tinggal di bali. kalo ada rekomendasi dokter, saya sangat menghargai. informasi tambahan, saya mempunyai trigger finger yg menahun pada jari tengah lengan kiri. mohon petunjuknya. terima kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada umumnya nyeri sendi jari-jari tangan diakibatkan oleh penyakit rematik. Meski demikian, tidak semua nyeri sendi jari-jari dan pergelangan tangan selalu akibat penyakit rematik. Selain rematik ada beberapa penyakit lain yang lebih sering mengakibatkan nyeri sendi di daerah tangan yakni penyakit trigger finger, carpal tunnel syndrome, dan penyakit de Quervain. Ketiga penyakit ini lebih sering dialami wanita ketimbang pria.

  • Tringer finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan. Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari dan nyeri pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan). Gejala yang biasa dialami adalah nyeri pada pangkal jari tangan, terutama saat menggenggam. Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis. Trigger finger biasanya lebih menonjol di pagi hari. Insiden terjadi trigger finger lebih sering terjadi pada wanita di usia 40 - 60 tahun dan penderita diabetes melitus atau penyakit rematik. 

Penanganan dilakukan dengan cara :

1. Terapi non bedah :

  • Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.

  • Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.

  • Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo. 

2. Terapi bedah

 

  • Penyakit De Quervain muncul karena terjepitnya otot ibu jari tangan. Nyeri terasa di daerah pergelangan tangan di sebelah atas pangkal ibu jari. Rasa nyeri muncul saat tangan digunakan untuk menggenggam atau mengangkat sesuatu, seperti gayung untuk mandi.

  • Sementara Carpal tunnel syndrome (CTS) disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan. Gejala CTS yang lebih menonjol dibanding rasa nyeri adalah rasa tebal dan kesemutan pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan manis; jari kelingking tidak mengalami gejala semacam itu.

Ketiga penyakit tersebut lebih sering menyebabkan nyeri sandi jari-jari dan pergelangan tangan ketimbang rematik dan asam urat. Pada kasus Anda, kami menduga keluhan yang Anda paparkan disebabkan oleh Trigger Finger, di mana sebelumnya Anda juga sudah memiliki riwayat penyakit tersebut.

Untuk memastikan diagnosa dari keluhan yang Anda alami, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Saraf agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung beserta penunjang yang terkait. Namun mohon maaf sekali, karena kami tidak dapat memberikan rekomendasi dokter tertentu untuk menghindari adanya bias promosi.

Namun Anda dapat menggunakan fitur pencarian dokter pada website Klikdokter.com. untuk mencari referensi dokter spesialis yang Anda inginkan, dimana data seluruh dokter yang kami miliki sudah terintegerasi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).??Untuk menggunakan fitur pencarian tersebut, silahkan akses Menu 'Pencarian' pada Menu Bar website Klikdokter.com, kemudian pilih 'Cari Dokter'. Anda akan diminta memilih spesialisasi dari dokter yang Anda cari. Masukkan domisili dokter spesialis yang Anda inginkan, kemudian masukkan nama dokter yang Anda cari (jika Anda memiliki referensi pribadi). Tekan tombol 'Cari'.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar