Sukses

Diet untuk Obesitas

20 Dec 2014, 20:59 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dear dokter, Saya perempuan dengan obesitas sejak awal mesntruasi. Semakin tahun bobot terus bertambah. Usaha diet sudah sering baik dengan suplemen maupun olah raga. Kesibukan saya yang mengharuskan saya bekerja dobel menyebabkan saya keletihan fisik dan mental. Kudapan adalah hal lumrah di tempat saya bekerja. Saya juga dulu pernah lama mengkonsumsi dexametason atau prednison karena saya mengindap asma berat. Saya perlu menurunkan berat badan. Tapi bingung bagaimana. Terutama saya memiliki kelelahan fisik dan mental setelah seharian bekerja doble.apakah bisa dibantu suntikan? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. 

Dilihat dari berat badan dan tinggi badan Anda, IMT (Indeks Massa Tubuh) Anda adalah 38,6 kg/m2 dan termasuk ke dalam kategori obesitas. Berdasarkan tinggi badan Anda, maka berat badan ideal yang harus teman Anda capai adalah sekitar 51,3 kg.

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Anda menyebutkan ingin menurunkan berap badan dalam waktu cepat dengan suntikan. Suntikan apa yang Anda maksud?

Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Apabila Anda sulit melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi Klinik. Berikut judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Diet Untuk Obesitas

Obesitas dan Penanganannya

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar