Sukses

Pusing Ketika Bangun Tidur

17 Dec 2014, 17:33 WIB
Wanita, 20 tahun.

Kenapa ya setiap setelah bangun tidur kepala saya sering pusing ?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Rasa pusing yang Anda rasakan dapat diakibatkan karena perubahan posisi yang drastis (tiba - tiba). Kami menyarankan Anda untuk tidak langsung melakukan aktifitas pada saat bangun tidur, seperti memeriksa ponsel ataupun langsung berdiri setelah bangun tidur. Mudah mudahan hal sederhana ini dapat mengurangi keluhan yang Anda rasakan. 

Keluhan Anda bersifat sangat umum dan dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dapat karena asupan makanan yang kurang atau terlambat makan, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat atau jam tidur tidak mencukupi, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, ataupun tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter di puskesmas terdekat untuk diperiksa lebih jauh.

Sementara itu, Anda dapat mencoba istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu).

Keluhan sakit kepala Anda juga dapat disebabkan karena kurang darah. Kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda: Sering Lemas? Waspadai Kurang Darah. 

Apabila hasil pemeriksaan kesehatan Anda normal, maka mungkin penyebabnya adalah karena Anda belum menjalani pola hidup sehat. Jalani pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 7-8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan juga artikel:

9 Cara Mengatasi Lemas-Lemas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar