Sukses

Sudah Seminggu Demam Anak Tak Kunjung Sembuh

17 Dec 2014, 14:21 WIB
Pria, 30 tahun.

Mlm dok, saya punya anak umur 10 bulan. Anak saya pans udah 1minggu dan ditambah batuk sama pilek. Dan bibir atas anak saya pecah2 sampe merah2 dok. Udah saya priksakan ke dokter umum blm sembuh juga dok. Yg saya harus saya lakukan apa dok? Trimakasih sebelum nya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Demam pada anak disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau metabolisme tubuh menjadi meningkat, dan infeksi.

Pada anak karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, seringkali terkena infeksi dan mengalami demam. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti viral, bacterial, dan lainnya.

Pada infeksi viral, diharapkan tubuh dapat menghasilkan antibodi tertentu sesuai dengan infeksinya dan sembuh sendiri. Beberapa infeksi yang sering di Indonesia adalah Demam berdarah dan Demam thypoid, dimana kedua penyakit ini baru bermanifestasi setelah beberapa hari.

Pada Anak Anda jika memang demam telah terjadi selama  hari, sebaiknya Anda kembali membawa anak untuk diperiksan oleh dokter. Dokter dapat menganjurkan pemeriksaan darah kepada Anda, untuk mencari kemungkinan penyebab demam anak Anda.

Sementara itu untuk Mengatasi demam dapat dengan cara :

  • istirahatkan anak
  • berikan anak minum yg banyak
  • kompres dahi, leher, dada, ketiak anak dengan air hangat  untuk menurunkan demam
  • pakaikan anak baju yang tipis
  • berikan obat penurun demam (parasetamol) 6x/hari sesuai dosis untuk membantu menurunkan demam (suhu > 37,5 derajat C)

Yang perlu diwaspadai apabila terjadi demam pada anak adalah kemungkinan timbulnya kejang. Kejang Demam dapat terjadi pada mereka yang memiliki genetik atau keturunan kejang ketika kecil dan suhu  demam yang terlampau tinggi. Hal ini dapat dicegah dengan hal-hal yang kami sebutkan di atas.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar