Sukses

Keluhan BAK

14 Dec 2014, 09:08 WIB
Pria, 52 tahun.

saya mengalami keluhan sakit ketika buang air kecil dan hanya sedikit keluar dan terkadang berwarna merah juga terasa sakit di kantung kemih ,terkadang selalu pula baung air kecil ..gejala apa kira kira dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jika yang Anda keluhakan adalah nyeri saat BAK, tidak lancar, dan kencing berwarna merah (dalam hal ini dianggap sebagai darah atau hematuri, dimana kemungkinan urin merah akibat konsumsi obat tertentu telah disingkirkan) dapat mengarahkan kepada adanya gangguan pada saluran kemih, baik oleh karena infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, adanya luka pada saluran kemih, kelainan pada ginjal (glomerulonefritis), maupun akibat gangguan pada prostat.

Pada Infeksi saluran kemih dapat disertai dengan demam, rasa BAK tidak tuntas atau ayang-ayangan, dll. Sedangkan luka, dapat diketahui dari adanya riwayat trauma pada saluran kemih, baik itu karena benturan dari luar maupun akibat penggunaan kateter urin. Untuk batu saluran kemih diketahui dengan ada atau tanpa riwayat keluar batu/pasir saat BAK,disertai pemeriksaan penunjang baik laboratorium darah atau urin, USG atau foto rontgen perut, begitu juga dengan gangguan pada ginjal.  Dan pada prostat, dapat dilakukan pemeriksaan pembesaran prostat dengan colok dubur, dan pemeriksaan penunjang lain.

Karena sangat dibutuhkan data atau informasi tersebut diatas dalam mendiagnosis adanya suatu kelainan dalam saluran kemih, Kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan di pusat pelayanan medis yang memiliki fasilitas dan tenaga medis yang lengkap.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar