Sukses

Infeksi Pseudomonas di Luka Operasi

16 Dec 2014, 20:17 WIB
Wanita, 24 tahun.

Saya sudah operasi usus buntu 9 bulan yg lalu,,tetapi jahitannya masih basah..beberapa minggu yg lalu saya operasi lagi..ternyata terdapat bakteri pseudomonas..setelah 3 minggu hbis operasi masih keluar nanah dari bekas jahitannya..itu kenapa ya dok??saya harus minum antibiotik apa agar nanahnya habis..terima kasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Infeksi pada daerah sekitar luka operasi dapat disebabkan karena perawatan luka yang tidak baik. Luka perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka  bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Bila memang Anda terinfeksi bakteri pseudomonas, maka dapat diatasi dengan antibiotik seperti siprofloksasin atau gentamisin. Tetapi untuk dosis tidak dapat kemi berikan, karena penggunaan antibiotik harus tepat guna dan tepat dosis. Bila digunakan tanpa resep dokter dapat menyebabkan bakteri resisten (tahan terhadap antibiotik) dan justru membahayakan Anda.

Kami sarankan Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter yang memeriksa Anda, karena dokter yang memeriksa Anda adalah dokter yang paling mengetahui informasi lengkap mengenai kondisi Anda sehingga dapat memberikan pendapat yang terbaik. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter dan berdiskusi mengenai pilihan-pilihan tindakan yang tepat untuk Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar