Sukses

Sudah minum obat 5 Bulan, Gejala TB belum Hilang

17 Dec 2014, 09:31 WIB
Pria, 24 tahun.

Hallo klikdokter ada hal yang ingin saya tanyakan, nama saya Ricky umur 24 BB 52 Saya sedang menjalani terapi pengobatan TB paru sudah 5bulan tapi kenapa yah Batuk saya belum kunjung hilang dan berat badan saya belum naik dan saya juga sering sesak nafas ? Kemudian makan apa saja untuk mensupport kesembuhan TB paru saya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang.Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan keempat obat yang Anda sebutkan-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Satu hal penting yang harus selalu ditanamkan pada diri penderita, adalah bahwa pengobatan TB harus berjalan secara berkesinambungan dan teratur. Karena, jika obat tidak diminum setiap hari pada waktu yang sama, maka semakin tinggi pula angka resistensi (kekebalan) kuman TB terhadap obat TB. Untuk itu, diperlukan seseorang yang bertugas sebagai PMO (Pengawas Minum Obat). PMO dapat dipilih dari anggota keluarga yang dekat dengan Anda, disetujui dan Anda segani, tinggal dekat atau serumah dengan Anda dan bersedia membantu secara sukarela. Tugas dari PMO adalah mengawasi Anda agar menelan obat secara teratur hingga selesai pengobatan, memberi dorongan agar dapat berobat teratur, mengingatkan Anda untuk memeriksa ulang dahak pada waktu yang ditentukan (pada TB paru), ataupun memberi penyuluhan pada anggota keluarga Anda TB yang memiliki gejala mencurigakan TB untuk memeriksakan diri di unit pelayanan kesehatan agar tidak menjadi sumber penularan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar