Sukses

Bintik Putih dan Kuning pada Mata

14 Dec 2014, 23:02 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok saya ada bintik-bintik putih dan kuning disekitaran mata, klo saya bca di google itu disebut syringoma, apa dok obatnya?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Agak sulit bagi kami untuk memastikan penyebab gangguan Anda tanpa melihat secara langsung mata Anda. Kami tentunya tidak dapat melakukan pemeriksaan fisik dalam konsultasi ini. Keluhan Anda memang paling baik diketahui dengan pemeriksaan fisik langsung.

Keluhan Anda adalah terdapat bintik kuning dan putih pada mata. Kami menduga Anda mengalami pinguecula. Pinguecula adalah selaput kekuningan pada konjungtiva mata (terlihat pada bagian mata yang berwarna putih). Seringkali terdapat di bagian sebelah dalam mata. Pinguecula ini juga dapat menyebabkan mata kemerahan. Seringkali, pinguecula muncul akibat dari iritasi kronik dan paparan sinar ultraviolet matahari. Kondisi ini tidak termasuk berbahaya, namun dapat mengalami iritasi. Kemungkinan iritasi yang terjadi adalah gangguan yang disebut sebagai radang pada mata Anda. Saat ini iritasi atau radang kemungkinan besar sudah sembuh karena bintik sudah tidak ada.

Pinguecula adalah tumpukan lemak pada bagian putih mata, di sisi kiri maupun kanan bagian hitam mata. Keadaan ini disebabkan oleh paparan terhadap angin, sinar matahari, debu, kekeringan, dll. 

Anda dapat membantu melindungi mata Anda dan mengurangi iritasi dengan menggunakan kaca mata hitam atau topi saat keluar rumah. Jika terjadi iritasi, gunakanlah obat tetes mata yang dijual bebas. Jika Anda masih merasakan keluhan Anda mengganggu atau pinguecula tersebut meluas, segeralah menemui dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang optimal sesuai dengan diagnosis yang ditegakkan dokter.

Sementara yang Anda maksud di awal adalah syringoma. Syringoma adalah tumor dari duktus kelenjar keringat. Syringoma bergejala seperti adanya benjolan di sekitar mata. Umumnya tumor ini tidak berbahaya, dan dapat dihilangkan dengan melakukan pembedahan pada daerah yang terlibat. Apakah Anda memiliki gejala seperti benjolan di sekitar mata, nyeri pada mata, gangguan melihat atau keluhan lain?

Kami menyarankan kembali Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis mata untuk mengetahui pasti penyebab dan penanganan dari keluhan Anda.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar