Sukses

Pil KB

14 Dec 2014, 21:48 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok,saya mau tanya apa Pil KB Regimen baru minim efek samping ini udah ada di apotek-apotek?kalau udah ada di apotek nama pil kb nya apa?

Terima kasih Anda telah Menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pil KB atau kontrasepsi oral hormonal memang berisikan hormon yang mempengaruhi kadar hormonal di tubuh. Respon setiap wanita berbeda-beda di dalam menerima kontrasepsi ini, begitu pula pengembalian kesuburannya. Umumnya pengembalian kesuburan pada pemakai pil KB akan bervariasi dalam jangka waktu 3-12 bulan.

Pil KB adalah pil yang mengandung hormon reproduksi sintetik (progestogen dan kombinasi estrogen-progestogen) yang berfungsi untuk mengatur hormon dalam tubuh manusia guna mencapai manfaat yaitu mencegah terjadinya kehamilan. Efek samping yang mungkin terjadi dari konsumsi pil KB bervariasi pada tiap individu-perdarahan bercak, sakit kepala, payudara tegang, rasa penuh ataupun yang berhubungan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah sangat tergantung dari jenis pil KB yang diberikan, dosis, dan keadaan individu tersebut. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai kondisi Anda sebelum mulai mengonsumsi pil KB. 

Efek-efek inilah yang membuat para pakar terus meningkatkan kualitas kontrasepsi oral, dengan menurunkan beberapa komposisi yang menyebabkan dampak buruk. Dari keluhan-keluhan tersebut dibuatlah inovasi baru yang membuang efek-efek negatifnya dan memperbaikinya hingga menghasilkan pil KB baru. Inovasi baru ini adalah pil kontrasepsi dengan kandungan 3 mg drospirenon dan 20 mcg etinil estradiol yang merupakan kontrasepsi dosis rendah dengan regimen terbaru 24/4. Pil KB ini dinamakan regimen 24/4 karena pil ini berisi 24 tablet yang diminum setiap hari dengan 4 hari tablet bebas hormon. “Pil ini bisa diminum selama 24 hari dan dapat dilanjutkan dengan interval bebas hormon selama 4 hari,” jelas Dr. H. Samsulhadi, SpOG dari RSU Dr. Soetomo Surabaya dalam peluncuran pil kontrasepsi dosis rendah milik Bayer ini di Surabaya beberapa waktu lalu.

Sebuah pil kombinasi dengan estrogen dosid rendah ini menggunakan progestin unik yakni drosperinon. Drosperinon memiliki sifat anti androgenik dan anti mineralkortikoid yang sama dengan progesteron tubuh. Anti androgen meminimalisir dampak jerawat dan kulit berminyak penyebab masalah kulit. Sedangkan anti mineralokortikoidnya tidak menambah berat badan dan tidak menaikkan tekanan darah.

Drosperinon merupakan komposisi anti androgen dan anti mineralokortikoid yang berfungsi sebagai anti PMS. Hormon yang lebih stabil pada kontrasepsi jenis ini membuatnya lebih efektif untuk mengurangi gejala-gejala pramenstruasi seperti mudah marah, moody, gelisah, depresi, kembung, nyeri payudara, dan sakit kepala.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar