Sukses

Ingin Periksa Kesuburan

14 Dec 2014, 23:32 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat malam dok..Nama saya Surya status saya sudah menikah selama 1 tahun.Saya dan istri belum memiliki momongan, pada bulan ke 8 istri saya hamil (hasil test positif melalui lab dan hasil konsul ke dr kandungan) pertanyaan saya dok, apabila saya ingin melakukan cek kesuburan sperma sebaiknya saya harus berkonsultasi dengan dokter atau saya tes di labratorium? karena saya sedikit khawatir aktifitas sekskami normal asupan makanan kami juga normal.terima kasih sebelumnya dok.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami ucapkan selamat atas kehamilan isteri Anda. Pada umumnya, seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. 

Jika Anda dan isteri sudah menikah lebih dari 1 tahun dan telah melakukan hubungan seksual dengan frekuensi yang teratur, maka Anda dan suami perlu mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan fertilitas. Evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya perlu dilakukan baik dari pihak suami maupun istri.

Untuk melakukan pemeriksaan kesuburan seperti analisis sperma, kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis Andrologi untuk pemeriksaan menyeluruh. Jika memang diperlukan, dokter tersebut akan merujuk anda melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan analisis sperma dan atau pemeriksaan lain. Apabila berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan terdapat gangguan, dokter Anda akan mempertimbangkan dan memberikan terapi yang paling sesuai untuk kondisi Anda. Namun, bila dilihat dari kondisi yang ANda paparkan bahwa 

Selain beragam pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan organ reproduksi Anda, tentunya yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga.

Perlu juga diperhatikan:

  • Ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. 
  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Anda ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas.
  • Konsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari untuk mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Lakukan hubungan intim 3-4 kali per minggu terutama pada masa subur

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar