Sukses

Leukosit Tinggi, Kanker Darah?

16 Dec 2014, 18:11 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya kemarin sakit flu dan batuk, setelah berobat dan melakukan tes darah. Leukosit saya 10.950 yang normalnya 500-10000. Apakah saya terkena kanker darah?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kanker darah pada umumnya berawal dari sumsum tulang, tempat darah diproduksi. Sejatinya stem sel di dalam sumsum tulang yang matang dapat berkembang menjadi tiga jenis sel darah, yaitu sel darah merah, sel darah putih dan platelet. Adanya sel kanker menyembabkan pembentukkan sel darah normal terganggu, sehingga fungsi darah untuk melawan infeksi dan mencegah perdarahan serius pun gagal terlaksana.

Secara garis besar, kanker darah dapat dibagi menjadi 3 jenis :

1. Leukemia

Jenis kanker yang menyerang sumsum tulang belakang dan menyebabkan produksi sel darah putih, sel darah merah serta trombosit terganggu. Gangguan inilah yang menyebabkan berkurangnya sel darah normal, meningkatkan jumlah sel darah putih abnormal dan menyebabkan tubuh gagal untuk mempertahankan diri melawan infeksi.

2. Limfoma

Jenis kanker darah yang mempengaruhi sistem limfatik. Limfosit adalah sel darah putih yang bertugas untuk melawan infeksi, dan limfosit abnormal berkembang biak, berkumpul di kelenjar getah bening dan jaringan lainnya. Lambat laun sel kanker yang tersebar akan merusak sistem kekebalan tubuh.

3. Myeloma

Jenis kanker darah yang berasal dari sel plasma. Sel plasma adalah sel darah putih yang dihasilkan sumsum tulang untuk menghasilkan antibodi guna melawan infeksi. Sel kanker yang berkembang biak pada sumsum tulang membuat tubuh lemah, renan terhadap infeksi dan tidak dapat menjalani kehidupan normal.

Banyak faktor yang diduga berpengaruh dalam perkembangan kanker darah, yaitu radiasi, bahan kimia, infeksi virus tertentu (termasuk HIV) hingga faktor genetik.

Peningkatan jumlah sel darah putih di atas nilai normal memang merupakan salah satu gejala yang terdapat pada kanker darah, namun tidak semua peningkatan sel darah putih melebihi nilai rujukan disebabkan oleh kanker. Peningkatan sel darah putih juga dapat disebabkan oleh adanya proses infeksi dalam tubuh. Untuk mengetahui seseorang menderita kanker darah atau tidak, diperlukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap dan atau pemeriksaan lainnya. Untuk itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Berikut ini kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda :

Transplantasi SumSum Tulang Untuk Penderita Leukimia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar