Sukses

Perawatan Gigi yang Patah Setelah Kecelakaan

17 Dec 2014, 11:38 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok mau tanya saya pernah kecelakaan 5 tahun yang lalu dan mengakibatkan gigi saya patah. Pada gigi saya yang patah gusinya selalu bengkak, jenis perawatan apa yang harus saya lakukan? dan bagaimana memperbaiki penampilan saya karena susunan gigi saya jadi tidak beraturan dan ada yang patah pada gigi bagian depan.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gigi yang patah masih dapat diselamatkan, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut, yaitu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi syaraf gigi sudah terbuka/belum. Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasa menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit. Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman. Oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan syaraf terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan mahkota gigi dan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai,  baru kontur gigi diperbaiki menyerupai bentuknya seperti semula dengan dibuatkan mahkota tiruan atau restorasi lainnya yang sesuai

Bagaimanapun, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan klinis sehingga dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar