Sukses

Pundak dan bahu sering terasa sakit serta tangan sering kesemutan

02 Jan 2015, 18:39 WIB
Wanita, 50 tahun.

Saya Ibu rumah tangga dengan 3 orang anak. Saya mau menanyakan, pundak dan bahu sering terasa sakit serta tangan sering kesemutan. Adapun penyakit yang sedang saya alami adalah kelebihan hormon Tiroid. Apakah ada hubungannya dengan penyakit saya? Apakah ada saran penyembuhannya? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hipertiroid adalah penyakit yang terjadi karena kelebihan produksi pada kelenjar tiroid tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena gangguan hormon perangsang dari otak atau hiperfungsi dari kelenjar tiroid.  Penderita penyakit hipertiroid dapat mengalami pembesaran sekitar dua sampai tiga kali dari ukuran biasanya. Gejala hipertiroid dapat berupa mudah berkeringat, berat badan sulit naik, gemetar. 

Walaupun gejala hipertiroid dapat bervariasi pada tiap penderita, namun jarang yang menimbulkan gejala pundak dan bahu sering terasa sakit serta tangan sering kesemutan seperti yang Anda utarakan. Adakah kegiatan atau aktivitas yang berulang Anda lakukan pada sendi bahu? Atau posisi lengan dan bahu yang Anda pertahankan dalam waktu lama (baik sadar maupun tidak sadar; tidur)?

Kemungkinan keluhan yang Amda sampaikan bersumber dari kelelehan otot dan akibat kurang lancarnya peredarahan darah pada area tersebut. Jika disebabkan oleh hal ini, maka nyeri dapat berkurang sejalan dengan waktu. Namun jika nyeri menetap atau semakin bertambah, maka saran Kami Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis Penyakit Dalam yang merawat Anda untuk dicari tahu penyebabnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar