Sukses

Benjolan di Leher & Paha

27 Oct 2014, 19:05 WIB
Wanita, 222 tahun.

dok ,saya memiliki benjolan di leher kemudian di paha juga gmana solusinya dok , akankah saya melakukan operasi atau ada obat lain dari rumah sakit ???? dan saya tergolong dalam keluarga tidak mampu untuk melakukan operasi

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk memastikan diagnosis Anda, memang selain diperlukan informasi-informasi yang mendetil dan lengkap juga perlu didukung dengan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab adalah:

  • Bagaimana bentuk benjolan tersebut, apakah bulat dengan tepi teratur, atau bentuk tidak beraturan?

  • Berapa ukuran benjolan tersebut (dalam satuan mm atau cm)?

  • Berapa jumlahnya?

  • Bagaimana warnanya? Apakah terdapat warna kemerahan pada benjolan tersebut dan area disekitarnya?

  • Sejak kapan benjolan tersebut timbul? Apakah ukurannya semakin membesar atau menetap?

  • Apakah benjolan tersebut hilang timbul atau menetap?

  • Pernahkan Anda mengalami keluhan seperti ini sebelumnya?

  • Apakah benjolan tersebut berisi air/nanah?

  • Adakah keluhan lain yang Anda rasakan?

Benjolan dalam istilah medis dinamakan tumor. Terbagi terbagi menjadi tumor jinak yang tidak berbahaya dan ganas. Jadi tidak semua tumor dikatakan ganas. Sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan yang Anda maksud karena tidak melakukan pemeriksaan langsung. Benjolan biasanya disebabkan oleh lipoma (tumor jinak jaringan lemak), tumor sel saraf (neurofibroma), atau kista ateroma (tumor jinak kelenjar keringat). Benjolan juga dapat disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening (KGB) yang dalam istilah medis disebut limfadenopati. Limfadenopati dapat disebabkan oleh proses infeksi (limfadenitis), kanker KGB (limfoma), maupun penyebaran dari kanker di lokasi lain (metastasis). Dalam menghadapi benjolan, kita harus berpikir bahwa itu sesuatu yang berbahaya (tumor ganas) sampai terbukti itu tidak berbahaya, agar penanganannya tidak terlambat (dibiarkan saja).

Bagaimana mengetahui benjolan tersebut berbahaya? Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Meskipun demikian, seringkali dengan pemeriksaan fisik pun belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya.  

Sulit bagi kami untuk mendiagnosa tanpa keterangan yang lengkap dan pemeriksaan fisik. Mengingat keterbatasan kami, kami sarankan Anda mengunjungi dokter bedah terlebih dahulu untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal. Pengobatan akan dipilih berdasarkan penyebab terjadinya benjolan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,                                       

0 Komentar

Belum ada komentar