Sukses

Fobia Terhadap Darah

17 Dec 2014, 15:27 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat sore dok saya mau bertanya mengapasi saya kalau setiap melihat darah rasa nya mau pingsan....?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami yang Anda rasakan. Respon Anda saat melilhat darah dalam dunia medis dapat dikategorikan sebagai “Fobia”, salah satu jenis gangguan anxietas (cemas), rasa takut yang berlebihan dan tidak beralasan / irasional terhadap sesuatu atau kondisi tertentu yang memicu rasa cemas dan usaha untuk menghindari. Hal ini tidak berkaitan dengan kondisi fisik atau penyakit dalam.

Tidak semua fobia membutuhkan terapi. Namun jika fobia sampai mempengaruhi aktivitas sehari-sehari, ada beberapa terapi yang dapat membantu Anda menghadapi rasa takut tersebut. Beberapa fobia dapat diterapi dengan diberikan paparan secara bertahap terhadap sumber ketakutan untuk menimbulkan desentisisasi. Penanganan fobia membutuhkan kesabaran dan waktu yang cukup lama, meliputi konseling, psikoterapi, dan cognitive behavioural therapy (CBT). Obat-obat biasanya diberikan pada fobia berat yang menimbulkan gangguan cemas.

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis psikiatri apabila Anda merasa sudah terjadi adanya gangguan aktivitas dari fobia darah ini.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar