Sukses

Napas Terengah-Engah

15 Dec 2014, 14:36 WIB
Pria, 29 tahun.

Dear bpk/ibu dokter Lngsng sj, nafas sy terasa berat & ter engah-engah jika mlkkn aktfts berlbh.

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter.

Kami mengerti anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas akibat napas yang mudah terengah-engah. Terdapat beberapa kondisi yang dapat membuat napas mudah terengah-engah, paling banyak berasal dari gangguan pada paru-paru atau gangguan yang berasal dari jantung. Gangguan napas yang berasal dari jantung biasanya disertai dengan keluhan lain seperti nyeri dada, bangun di malam hari karena sesak yang tiba-tiba, bengkak pada kaki, dan lain sebagainya. Perlu dipastikan dahulu organ penyebab keluhan anda, baru dapat dipikirkan tindakan selanjutnya.

Kami perlu mengetahui beberapa informasi berikut terkait dengan keluhan Anda : 

  • Apakah Anda merokok?

  • Apa yang menjadi pemicu timbulnya sesak napas? Apakah setelah beraktifitas, setelah mendapat paparan debu, setelah mengkonsumsi makanan tertentu, setelah berolah raga, saat stres, dll?

  • Berapa bantal yang dibutuhkan untuk tidur? Apakah merasa sesak jika hanya tidur dengan satu bantal?

  • Seberapa berat sesak napas? Apakah masih bisa berbicara lancar saat sesak napas kambuh atau sulit untuk berbicara saat dalam kondisi sesak?

  • Apakah memiliki riwayat asma?

  • Apakah memiliki riwayat sakit paru-paru?

  • Apakah memiliki riwayat sakit jantung?

  • Adakah riwayat sakit lambung yang kronis?

Hal-hal tersebut perlu diketahui untuk membantu mengarahkan diagnosis ke suatu kecurigaan terhadap penyakit tertentu, selain itu juga diperlukan pemeriksaan fisik yang lengkap dan pemeriksaan penunjang seperti misalnya pemeriksaan darah dan pemeriksaan foto rontgen. 

Oleh karena itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lebih mendalam dalam mendiagnosis kelainan yang Anda alami. 

 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar