Sukses

Nyeri Kepala Sering Kambuh

15 Dec 2014, 14:42 WIB
Wanita, 27 tahun.

sy srng mngalami skt kpala, sdh lma dan jk kambuh sakit bgt.Sy pikir kmbuh tiap kcapean krja, tp trakhr kmbuh justru saat sya tlh bbrp wktu rehat krja.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit bagi kami untuk memastikan penyebab nyeri kepala yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Hal tersebut dikarenakan nyeri kepala bukanlah gejala spesifik yang menunjukkan suatu gangguan tertentu. Nyeri kepala dapat merupakan gejala yang berdiri sendiri ataupun merupakan suatu gejala dari penyakit yang lebih besar.

Seperti apa keluhan nyeri kepala yang ibu Anda rasakan, apakah nyeri kepala di seluruh bagian kepala atau sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang? apakah ibu Anda memiliki riwayat penyait tertentu seperti hipertensi, diabetes, stroke atau penyakit lainnya?

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dan lain sebagainya. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migrain, tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dan lain-lain.  Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sebagian besar nyeri kepala di daerah belakang dan leher disebabkan oleh Tension Type Headache (TTH).  Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Untuk dapat mengetahui pengobatan yang paling tepat untuk Anda, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab yang mendasarinya. Untuk itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mendapat tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar