Sukses

Kram Saat Berenang

17 Dec 2014, 15:05 WIB
Pria, 16 tahun.

kenapa setiap kali berenang kaki saya selalu mengalami kram? padah sudah melakukan pemanasan yang cukup.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah kram terjadi hanya pada saat berenang? Apakah keluham kram sering terjadi ketika melakukan aktivitas sehari-hari? Mengenai keluhan Anda yaitu kram saat berenang, dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan :

  1. Spasmofilia (kram/kaku otot)
  2. Nyeri Sendi (radang sendi)

Spasmofilia merupakan suatu kondisi di mana persarafan motor menunjukkan sensitivitas yang tidak normal terhadap stimulasi/rangsangan elektrik ataupun mekanik sehingga penderita mengalami kecenderungan untuk mengalami kram dan kejang pada otot-ototnya.

Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan elektrolit di dalam darah antara lain karena kekurangan kalsium (hipokalsemia) atau kekurangan magnesium yang dapat terkait dengan hiperventilasi, hipoparatiroidism, rakhitis, uremia atau kondisi lain. Selain itu juga terjadi ketidakseimbangan mineral kalium.

Pasien biasanya dapat diberikan asupan suplemen kalsium, magnesium dan kalium. Selain itu pasien juga perlu memperbaiki pola diet dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung sumber kalsium, kalium dan magnesium. Selain itu, pasien juga perlu berolahraga ringan dan melakukan pemijatan otot untuk relaksasi otot.

Apabila keluhan Anda semakin memberat dan berlanjut, kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis saraf untuk mengetahui penyebab dari kondisi Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar