Sukses

Bolehkah Cetirizine Dikonsumsi Bersama Sanmol?

14 Dec 2014, 23:22 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, saya mau nanya ttg obat. Obat citirizine dpt di konsumsi bebarengan dgn obat Sanmol gak? Makasih dok :)

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Cetirizine merupakan obat antialergi golongan Antihistamin selektif, dengan bahan aktif Cetirizine Dihidroklorida dan merupakan antagonis reseptor-H1 perifer yang mempunyai efek sedatif yang rendah pada dosis aktif dan mempunyai sifat tambahan sebagai anti alergi. Cetirizine berkerja menghambat pelepasan histamin pada fase awal dan mengurangi migrasi sel inflamasi.

Cetirizine mampu menurunkan gejala utama rinitis alergi seperti hidung berair, bersin, hidung gatal, mata berair lebih besar secara bermakna dibandingkan dengan loratadin dan plasebo. Selain itu, cetirizine dapat digunakan untuk demam dan alergi lainnya seperti urtikaria ideopatik kronik. Cetirizine mempunyai efek samping yang bersifat sementara diantaranya pusing sakit, kepala, rasa kantuk, agitasi, mulut kering dan rasa tidak enak pada lambung, terutama jika digunakan dalam jangka waktu lama. Pada beberapa penderita dapat terjadi reaksi hipersensitifitas termasuk reaksi kulit dan angiodema.

 

Sanmol merupakan obat yang mengandung paracetamol yang biasa digunakan untu meringankan raa sakit pada keadaan sakit kepala, sakit gigi dan menurunkan demam. Paracetamol yang bekerja sebagai nalgesik, bekerja dengan meningkatkan ambang rangsang rasa sakit dan sebagai antipiretik, diduga bekerja langsung pada pusat penghantar panas di hipotalamus.

Penggunaan paracetamol dalam jangka panjang atau dengan dosis yang berlebih dapat menyebabkan efek samping berupa kerusakan hati.  

Penggunaan obat cetirizine bersamaan dengan sanmol atau paracetamol diperbolehkan, asal dengan dosis yang tepat dan di bawah pengawasan dokter. Penggunaan cetirizine yang perlu diperhatikan adalah jika bersamaan dengan obat diazepam atau cimetidine, karena berdasarkan peneltian dapat menyebabkan timbulnya interaksi obat. Sama seperti antihistamin lain, disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan peningkatan potensi/efek obat cetirizine terhadap alkohol (level alkohol 0,8 %).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar