Sukses

Operasi Tumor Paru

17 Dec 2014, 13:04 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok,thn 2008 sy divonis tumor paru dan sdh di kemoterapi. ukuran tumor sesudah di kemoterapi 20cmx15cmx15cm. Skrg sdh 6thn dan ukuran tumor tdk berubah. Apkh sgt beresiko bila di operasi? Apkh sesudah di operasi dpt tumbuh kembali?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai tumor paru. Tubuh secara teratur memproduksi sel baru yang berguna untuk pertumbuhan serta untuk menggantikan sel yang rusak atau yang sakit. Secara normal, sel tumbuh dan berkembang dengan cara yang tetap. Namun, ada pula pertumbuhan yang tidak normal (tidak terkontrol) yang kemudian tampak menjadi “benjolan” yang disebut tumor.

Tumor terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak melewati batas jaringan, tumbuh lamban, bersimpai atau berselaput pembungkus sehingga mudah dioperasi dan diangkat. Sedang tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat, tidak bersimpai, tumbuhnya menyusup ke bagian lain melalui pembuluh getah bening.

Karsinogenesis atau proses terjadinya kanker dimulai dengan perubahan sederhana yang sering kali berubah menjadi tumor jinak dan sebagian akhirnya menjadi tumor ganas atau kanker.

Pengobatan kanker yang umumnya diberikan adalah :

  • Pembedahan atau operasi
  • Kemoterapi (dengan obat – obatan) 
  • Radioterapi (menggunakan sinar radiasi).

Tingkat efek samping kemoterapi bisa berbeda antara pasien yang satu dengan yang lain, tergantung dari ketahanan tubuh masing-masing. Efek kemoterapi sebagai pengobatan kanker yang paling sering terjadi adalah mual-muntah, mielosupresi (menekan produksi darah), kelelahan, rambut rontok dan sariawan. Efek samping terjadi, akibat obat kemoterapi tidak hanya membunuh sel kanker tapi juga sel normal yang ikut membelah cepat. Namun efek samping kemoterapi bersifat sementara, dapat kembali normal setelah kemoterapi selesai.

 

Operasi pada tumor paru ada banyak macamnya. Ada yang dinamakan thoracotomy yaitu operasi pengangkatan tumor melalui dinding dada. Jenis operasi tumor paru lainnya adalah sternotomy, yaitu proses penghilangan tumor melalui dada.

Di samping itu, dokter juga bisa melakukan operasi yang disebut Anterioaxillary Thoracotomy (AAT) atau Posterolater Thoracotomy (PLT). AAT merupakan operasi melalui dada depan. Sedang PLT merupakan operasi lewat dada bagian belakang. Dokter akan memilih jenis operasi yang dilakukan tergantung kebutuhan dan kondisi dari pasien penderita tumor paru.

Penanganan medis lainnya terhadap penyakit tumor atau kanker paru ini adalah dengan menggunakan operasi sinar X. Pada operasi ini, sinar laser akan ditembakkan pada bagian paru yang terkena tumor. Dengan demikian diharapkan tumor tersebut dapat disembuhkan.

 

Untuk kesembuhan total dan kekambuhan tumor paru setelah operasi sangat bergantung dengan jenis tumor tersebut. Kami menyarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah thorax untuk mengetahui penanganan terbaik atas kondisi Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar