Sukses

Hasil Laboratorium gula dan lemak

04 Jan 2015, 10:01 WIB
Wanita, 52 tahun.

Hsil lab saya sbb : Ureum 30,6 mg/dl, creatine 1,3 mg/dl, asam urat 6,8 mg/dl, kolesteroll 215 mg/dl, trigelisirede 329 mg/dl dan Gula arah puasa 185 mTanda penyait apa saya, obat apa yang yg harussaya kosumsi dan makanan apa saja sebaiknya saya makan dan seharusnya saya hindari tks dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Laboratorium ureum dan creatinin ditujukan untuk melihat fungsi ginjal Anda. Hasil Anda dalam batas normal, ini mengindikasikan fungsi ginjal Anda masih dalam taraf normal. Demikian juga dengan hasil asam urat Anda.

Yang menjadi permasalahan adalah nilai kolesterol dan trigliserid Anda yang tinggi, ini menunjukkan adanya gangguan metabolisme lemak dalam tubuh Anda yang disebut dengan dislipidemia. Untuk mengatasinya Anda dapat memulai dengan merubah gaya hidup sehat.

Empat makanan berikut ini dapat membantu usaha Anda menyusun menu diet menurunkan kolesterol Anda.

  • Oatmeal dan makanan tinggi serat

Oatmeal mengandung seratyang mudah dicerna yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol ‘jahat’. Serat yang mudah dicerna ini juga dapat ditemukan pada apel, pir dan buah prune.

Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Dengan mengonsumsi 5 hingga 10gram serat sehari maka dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL Anda.

  • Ikan dan asam lemak omega 3

Mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penimbunan plak yang dapat berujung pada serangan jantung, stroke dan kematian.

American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam satu minggu. Asam lemak omega 3 tertinggi dapat ditemukan pada ikan:

  1. Mackarel
  2. Sarden
  3. Salmon
  4. Tuna

Namun untuk menghindari penambahan lemak yang tidak sehat, Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus atau dipanggang. Jika Anda tidak menyukai ikan, sebagai alternatif Anda dapat mengonsumsi suplemen omega 3 atau minyak ikan sebagai pengganti. Namun Anda tidak akan mendapatkan nutrisi lain yang terdapat pada ikan seperti selenium.

  • Kacangan-kacangan

Kacang-kacangan seperti walnut atau almond tinggi akan asam lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga pembuluh darah tetap sehat.

Dengan mengkonsumsi segenggam atau setara dengan 42 gram/hari kacang seperti almond, hazelnut, pistachio, walnut dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Namun yang perlu diingat adalah pastikan kacang yang Anda makan tidak disalut dengan garam atau gula.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan LDL atau kolesterol "jahat" dan menaikkan HDL. Konsumsi minyak zaitun 2 sdm (23 gram) per hari dan Anda akan merasakan manfaatnya. Namun yang perlu diingat minyak zaitun juga tinggi kalori sehingga konsumsi berlebih juga akan meningkatkan berat badan Anda.

Untuk memaksimalkan efeknya, Anda dapat memilih extra virgin olive oil yang mengangung antioksidan lebih tinggi dibanding minyak zaitun lainnya.

Selain itu juga, Kadar gula darah puasa Anda tinggi, menunjukkan adanya gangguan pada metabolisme gula dalam tubuh Anda.

Apabila Anda bertujuan menormalkan kadar gula darah Anda, maka yang dilakukan pertama kali adalah diet diabetes dan olahraga minimal 3x/minggu, @ 30 menit. Diet diabetes disini dalam artian mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti permen, sirup, cake, gula pasir, roti putih, dan sebagainya. Diet diabetes tetap mengasup makanan dengan jenis yang sama hanya kadarnya berbeda.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari buah yang terlalu manis seperti mangga, durian, jeruk yang sangat manis, dan sebagainya. Pepaya dapat dikonsumsi asalkan tidak terlalu manis. Diet dan olahraga untuk diabetes sudah kami kupas tuntas melalui Rubrik Diabetes yang dapat Anda akses melalui URL link di bawah ini :

diabetes.klikdokter.com/

Alangkah lebih baik apabila Anda mengunjungi dokter spesialis gizi yang dapat memberikan pengaturan makan Anda dengan lebih baik lagi.

Perlu Anda ketahui, untuk menegakkan diagnosis tidak cukup dengan laboratorium saja. Perlu dilakukan wawancara medis yang mendalam, dan juga pemeriksaan fisik dan penujang lainnya (jika dibutuhkan). Sudahkah Anda memeriksakan diri kepada dokter? Jika belum, kami sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat, untuk memastikan kondisi Anda apakah benar terjadi gangguan seperti disebutkan diatas dan apakah dibutuhkan juga obat-obatan untuk mengatasinya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar