Sukses

Pola Hidup Sehat untuk Hipertensi, Kolesterol, dan Diabetes

17 Dec 2014, 11:16 WIB
Wanita, 52 tahun.

Bagaimanasebaiknya yang saya lakukan untuk mempertahan kondisi sehat, pada saat ini saya tekakan darah saya 150 s/d 180, gula darah puasa 250 koestero250

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium yang Anda sebutkan, Anda mengalami hipertensi, diabetes melitus, dan dislipidemia. Apakah Anda sudah mendapatkan pengobatan dari dokter? Kami akan menjelaskan satu per satu mengenai kondisi Anda.

Tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi. Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke. Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal.

Untuk informasi diet sehat untuk hipertensi, Anda dapat mengakses artikel:Mengatasi Hipertensi dengan Diet Sehat yang kami miliki.

Mengenai kondisi kedua Anda yaitu diabetes, pengobatan dari diabetes sebenarnya hanya dapat menggunakan obat. Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko naiknya gula darah anda, yaitu suatu bentuk modifikasi gaya hidup. modifikasi gaya hidup ini dilakukan dengan beberapa hal : 

  1. Mengurangi berat badan :  Menurut sebuah buku yang dikeluarkan oleh Perkumpulan Ahli Diabetes di Amerika, bila IMT 25 - 29 atau lebih dari 30 maka disarankan agar dilakukan penurunan berat badan. Namun dilihat dari IMT anda yang masih 20, maka penurunan berat badan tidak perlu. 
  2. Intake makanan harus dijaga sebanyak 1,000 - 1,200 kcal/sehari. Makanan difokuskan dengan perbanyak sayur, buah, kurangi kabohidrat (nasi diganti dengan kentang atau nasi merah), lemak dikurangi. Ada suatu tabel bernama "Glycemic Index" yang anda dapat lihat sebagai pedoman anda dalam mengkonsumsi makanan. 
  3. Kegiatan fisik sebaiknya dilakukan dengan berolahraga ringan-sedang selama 30 - 45 menit dalam sehari, selama 3 -5 kali dalam seminggu. 

Modifikasi gaya hidup ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah anda. Sebab yang diusahakan dalam manajemen dari Diabetes adalah pencegahan komplikasi serta mempertahankan agar gula darah tetap terkontrol.  Untuk panduan serta informasi lengkap mengenai Diabetes, diet, dan serba-serbi penanganannya, Anda dapat mengakses Rubrik Diabetes yang kami miliki.

Diet untuk penyakit kolesterol dan diabetes merupakan diet seimbang dengan mengurangi makanan yang memiliki kadar glukosa tinggi, lemak tinggi, dan kolesterol tinggi. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis gizi agar dapat dilakukan analisa menu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi diet Anda, Anda dapat mengunjungi Rubrik Diabetes dan Rubrik Kolesterol yang kami miliki, untuk informasi dan panduan lengkap.

Kami sertakan kumpulan artikel berikut ini untuk informasi lengkap Anda:

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar