Sukses

Nyeri Bahu Kanan

20 Dec 2014, 00:10 WIB
Pria, 56 tahun.

BANGUN TIDUR BAHU KANAN SAYA SAKIT SEKALI. SAYA SDH KONSUL KE DOKTER ORTOPEDI. KATANYA HANYA PERLU OLAH RAGA. NAMUN SETELAH SAYA LAKUKAN, SAKITNYA TDK JUGA HILANG. KEMUDIAN SAYA KONSUL KE DOKTER UMUM UTK DAPAT RUJUKAN KE DOKTER SYARAF, NAMUN BLM DIIJINKAN. OLEH DOKTER UMUM, SAYA DIBERI OBAT 4 MACAM, 2 MACAM PIL WARNA PUTIH (nova + nova 50) YG HARUS DIMINUN 1 KALI/HARI, 1 MACAM TABLET BERWRNA HIJAU MUDA YANG HRS DIMINUM 3 KALI/HARI, DAN 1 MACAM TABLET NATRIUM DIKLOFENAK YG DIMINUM 2 KALI/HARI. PD SAAT MINUM OBAT, SAKIT DI BAHU DAN LENGAN ATAS SAYA HILANG, NAMUN STLH OBAT HABIS, RASA SAKIT TSB DATANG LAGI. SAYA MOHON SARANNYA APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN. KMN SAYA HARUS BEROBAT. TERIMAKASIH.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Nyeri bahu dapat disebabkan peradangan jaringan ikat di bahu antara tulang, spasme otot, gangguan sendi, kompresi saraf, pasca cedera, atau merupakan suatu gejala dari penyakit sistemik lain.

Apakah ada riwayat trauma pada bahu yang terdapat keluhan? Apakah Anda melakukan aktivitas mengangkat tangan secara berulang?

Sulit bagi kami untuk mengetahui apa yang terjadi pada bahu Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung karena kami harus memastikan ada tidaknya abnormalitas tulang dan sendi, inflamasi atau peradangan tendon dan atau bursa, penipisan hingga perobekkan tendon, dan lain-lain.

Apakah sudah dilakukan pemeriksaan rontgen? Untuk menangani gejala, memang diberikan obat anti nyeri / antiinflamasi atau anti spasme sesuai dengan faktor yang melatarbelakangi keluhan Anda.

Lakukan stretching secara teratur saat mandi dengan air hangat. Hindari aktivitas yang bersifat repetitif/berulang terutama aktivitas yang mengharuskan siku bergerak di atas bahu. Ada baiknya Anda mengunjungi fisioterapis untuk menunjukkan latihan yang efektif dalam menguatkan dan stretching otot bahu.

Kami sarankan Anda untuk kembali mengunjungi Dokter Umum tersebut guna dilakukan langkah selanjutnya dalam penanganan nyeri bahu Anda, dan bila kasus ini berat, dokter dapat merujuk Anda kepada spesialisasi yang dicurigai terkait keluhan.

Berikut artikel kami yang berkaitan dengan pertanyaan Anda: Nyeri Bahu Lengan dan Tangan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar