Sukses

Kulit Kering dan Mengelupas

29 Oct 2014, 06:21 WIB
Pria, 30 tahun.

Dear Dokter, Mohon bantuan informasinya mengenai masalah kulit saya, kulit saya gatal - gatal dan jika digaruk akan menimbulkan luka. Karena kulit saya sangat kering. Apabila sudah ada luka akan menjadi semacam bisul dan sembuhnya lumayan lama. Disamping itu kulit telapak tangan dan kaki saya mengelupas atau berganti, akan tetapi tidak selesai dan berkelanjutan. Terimakasih atas bantuan nya.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Seiring dengan pertambahan usia, terdapat beberapa perubahan pada struktur dan elastisitas kulit karena berkurangnya produksi minyak alami serta kolagen kulit. Kondisi diperburuk dengan paparan bahan iritan yang apabila pajanannya terakumulasi dapat menyebabkan penebalan kulit, kering, retak hingga luka.

Tak pelak, kelemababan kulit pun harus diperhatikan dengan berbagai macam langkah sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busa
  • Hindari mandi menggunakan air panas
  • Hindari tindakan menggosok kulit (contohnya sabun dengan kandungan scrub atau tindakan mengeringkan kulit menggunakan handuk)
  • Gunakan losio yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakin besar
  • Hindari tindakan mengamplas kulit yang kering, karena tindakan tersebut justru akan membuat kulit menjadi tebal, kasar hingga luka.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. Penyembuhan bisul tergantung ukuran dan keparahan bisul. Jika bisul masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya.

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk melihat gambaran kelainannya sehingga diagnosis dapat lebih mudah ditegakkan. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar