Sukses

Tes Kesuburan Pada Pria

14 Dec 2014, 15:41 WIB
Pria, 35 tahun.

saya sudah menikah lebih dari 2 tahun, tapi belum juga punya anak. di mana saya dapat periksa kesuburan saya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bagi pria, pemeriksaan kesehatan pra nikah yang bisa dilakukan, yaitu tes sperma atau sperma analisa (spermiogram). Namun pemeriksaan sperma ini bukan termasuk standar pemeriksaan rutin. Anda dan pasangan dapat  berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan ke dokter spesialis andrologi apabila ingin melakukan pemeriksaan tersebut.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pasangan seksual dikatakan tidak subur bila sama sekali belum memiliki keturunan setelah berhubungan intim secara rutin (3x perminggu) selama setahun tanpa menggunakan kontrasepsi (infertilitas primer).

Pada umumnya, 90 % wanita akan hamil dalam 1 tahun pernikahan apabila berhubungan seksual teratur dan tidak memakai kontrasepsi. Selain itu, Anda dan pasangan dapat melakukan beberapa langkah untuk membantu mencapai tujuan anda:

  1. Usahakan menjalankan pola hidup sehat  (asupan nutrisi adekuat, olahraga teratur, tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol, istirahat yang cukup, dsb)
  2. Berhubungan intim secara teratur dan lakukanlah posisi misionaris, dimana laki-laki berada diatas. Dengan cara ini diharapkan sperma dapat mencapai rahim dengan baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar