Sukses

Pandangan Mata Kiri Kabur & Nyeri

29 Oct 2014, 11:53 WIB
Wanita, 46 tahun.

dok..saya mau tanya mengenai mata saya sebelah kiri ini bagian kelopaknya terasa cenut-cenut dan bagian korneanya kabur gitu,ini termasuk penyakit apa dan bagaimana penyembuhanya ?(saya ada riwayat diabetnya) terima kasih y dok sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut?  Apakah keluhan yang Anda rasakan disertai keluhan lain seperti mata merah, berair, pandangan silau, melihat lingkaran pelangi? apakah terdapat keluhan nyeri kepala?

Terdapat beberapa penyebab kondisi yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan bola mata (glaukoma) maupun infeksi pada mata terutama kornea (keratitis).

Peningkatan tekanan bola mata yang biasanya menimbulkan kerusakan saraf penglihatan dalam dunia medis disebut sebagai glaukoma. Serabut saraf yang terkena gangguan ini sejatinya memiliki fungsi untuk membawa informasi dari lapisan retina yang sensitif terhadap sinar, ke otak sehingga otak pun menerima informasi tersebut sebagai objek penglihatan.

Genetik atau riwayat keturunan dalam keluarga merupakan latar belakang terjadinya glaukoma. Berdasarkan faktor penyebabnya, glaukoma terbagi menjadi 2:

  • Glaukoma primer

    • Sudut Tertutup

    • Sudut Terbuka

  • Glaukoma sekunder

    • Dipicu oleh penyakit lain yang harus diterapi untuk mengembalikan tekanan bola mata ke ambang nilai normal. Penyakit tersebut dapat berupa tekanan darah tinggi maupun diabetes.

Perlu diketahui bahwa kerusakan saraf pada penderita glaukoma memiliki kemungkinan untuk tidak dapat pulih seperti semula, apabila kerusakan saraf sudah bersifat permanen. Rangkaian terapi biasanya dilakukan untuk menurunkan tekanan di dalam bola mata dan mencegah kematian saraf akibat tekanan yang terlalu tinggi. Jenis terapi dapat berupa obat tetes mata penurun tekanan, operasi hingga terapi laser.

 

Namun untuk memastikan penyebab pasti keluhan Anda, maka kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter spesialis mata untuk pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar