Sukses

Efek Samping Obat Kolesterol

14 Dec 2014, 15:22 WIB
Wanita, 47 tahun.

apakah efek dari mengkonsumsi obat kolesterol ? dan berapa lama sebaiknya meminum obat tersebut dok ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Terdapat 4 golongan obat untuk menurunkan kolesterol yang umumnya digunakan. Obat golongan manakah yang Anda maksud?

  • Sequestran asam empedu
Mekanisme kerja obat golongan ini adalah mengikat asam empedu dan kolesterol  pada usus dan dikeluarkan melalui feses, memacu sintesis asam empedu dari kolesterol dihati. Obat ini tidak di serap dalam usus, maka menimbulkan Efek Samping Obat ESO yang berkaitan dengan saluran cerna (mual, muntah, konstipasi), flatulen/kentut yang akan hilang setelah obat diberikan kontinyu.
  • HMG-CoA reduktase inhibitor
Simvastatin merupakan contoh obat dari golongan ini, merupakan obat penurun kolesterol yangpaling sering digunakan. Efek obat ini terlihat setelah 2 minggu pengobatan dan maksimal 6 minggu. Kerjanya Mempengaruhi metabolisme lemak pada banyak jaringan menyebabkan ESO lebih banyak (mialgia/nyero otot, kelelahan otot, gangguan fungsi hati), ESO lainnya sakit kepala, dizziness, merubah rasa, insomnia, diare, flatulen, dan kram lambung.
  • Niasin (Asam nikotinat)
Merupakan Vitamin yang berperan penting dalam metabolisme karbohidrat. Dalam dosis tinggi menurunkan kadar  LDL dan VLDL, menghambat metabolisme lemak, dan menstimulasi lipoprotein lipase, akibatnya terjadi peningkatan penguraian trigliserida (TG). Efek menurunkan lipid tercapai setelah 3-5 hari pengobatan. ESO nya antara lain mual, muntah, pelebaran pembuluh darah, dan menaikkan kadar asam urat.
  • Derivat Fibrat
Obat ini dapat menurunkan trigliserida (TG), VLDL, dan untuk gemfibrozil, dan menaikkan HDL.. obat ini untuk trigliserida yang tidak responsif dengan diet rendah kolesterol, bukan untuk hiperkolesterolemia.
 
Pemilihan jenis obat dan lamanya pengobatan berbeda-beda pada tiap individu, tergantung dari profil lipid yang mengalami peningkatan. Sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai pilihan terapi, lamanya, dan apabila anda mengalami efek samping dari terapi yang diberikan tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar