Sukses

Radiasi Telepon Genggam

15 Dec 2014, 12:11 WIB
Pria, 24 tahun.

Dokter, Apakah efek dari radiasi ponsel atau gadget pada fungsi syaraf dan apakah membahayakan?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari efek samping dari radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh telepon genggam. Penelitian-penelitian tersebut terutama berhubungan dengan efek radiasi terhadap otak. Pada binatang, ditemukan bahwa frekuensi radio telepon genggam dapat mempercepat pertumbuhan kanker. Namun, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa radiasi tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia atau sebaliknya. Karena itu masih terus dilakukan penelitian dalam hal ini.

Namun, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa pengguna telepon genggam yang sering menaruh telepon genggamnya di dalam kantung, memiliki jumlah sel sperma yang lebih sedikit dan memiliki risiko kanker testis lebih tinggi (pria) atau risiko kanker indung telur yang lebih tinggi (perempuan).  Satu penelitian menunjukkan bahwa pria yang menaruh telepon genggam dekat selangkangan, memiliki risiko jumlah sperma yang menurun sampai 30%.  Jaringan pada tubuh bagian bawah memang menyerap radiasi lebih cepat dibandingkan kepala.

Walaupun hal-hal ini perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya kita berhati-hati, dengan mengurangi paparan radiasi telepon genggam pada tubuh, baik pada kepala maupun organ bagian bawah tubuh. Matikan telepon jika tidak dipakai, hindari penggunaan telepon berlama-lama, dan hindari menaruh telepon dalam kantung dalam keadaan mati maupun hidup. Semakin sedikit sinyal, telepon tersebut akan mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang lebih banyak saat sedang mencari sinyal tersebut. Jadi, hindari penggunaan telepon saat sinyal sedikit.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar