Sukses

Lupa Jadwal Imunisasi Anak, harus mengulang dari awal ?

17 Dec 2014, 00:08 WIB
Pria, 10 tahun.

saya baru ingat kalau anak kedua saya belum lengkap ( sangat tidak lengkap )tidak termasuk saat setelah dilahirkan untuk imunisasinya ....pertanyaannya apakah saya harus mengulang dr awal untuk semua imunisasinya atau hanya yang belum saja? padahal saya lupa apa yang belum karena catatan hilang....trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Jika memang Anda sama sekali tidak mempunyai catatan imunisasi tersebut, maka boleh saja imuniasi anak diulang, bahkan dari awal (jika Anda tidak yakin imunisasi apa saja yang telah diberikan pada saat anak lahir).

Pada umumnya hal ini tidak berbahaya, jika kekebalan tubuh anak baik dan syarat untuk imunisasi terpenuhi. Hanya saja akan mubazir atau sia-sia bila diimunisasi berulang. Dan walaupun di berikan imuniasi 2 kali dalam waktu dekat, titer antibody yang terbentuk tidak meningkat bermakna, artau tidak akan membuat anak lebih kebal.

Untuk itu, sebagai pencegahannya:

  • Untuk menghindari kesalahan terulang lagi, perlu adanya pencatatan dibuku tumbuh kembang atau buku imunisasi.
  • Orangtua selalu menanyakan jenis imuniasi yang akan diberikan
  • Mintalah Dokter untuk selalu mengkonfirmasi kepada Anda tentang pemberian imunisasi yang akan diberikan
  • Diharapkan orang tua ikut mencatat imunisasi apa saja yang sudah diberikan dan turut mengingatkan ke dokter atau petugas kesehatan sebelum imunisasi diberikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar