Sukses

kelebihan darah putih

13 Dec 2014, 23:53 WIB
Pria, 34 tahun.

Tanya dokter saya punya anak umur6thn penyakit kelebihan darah putih hingga 18000 bahayakah? lalu apa obatnya? Mohon arahannya terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sel darah putih merupakan salah satu komponen darah, yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi. Jumlah sel darah putih normal adalah sekitar 4500 - 1000 sel per mikroliter. Ada 5 jenis leukosit, yaitu neutrofil, limfosil, monosit, eosinodil, dan basofil.

Meningkatnya sel darah putih atau leukositosis tidaklah selalu baik karena hal ini menunjukkan adanya masalah medis yang mendasari. Ketika terdapat peningkatan tertentu dalam jenis sel darah putih, ini menunjukkan penyakit tertentu. Misalnya peningkatan neutrofil menunjukkan adanya infeksi, kanker, atau stress. Sedangkan Dalam kasus tinggi monosit dan eosinofil, kemungkinan hal ini menunjukkan adanya infeksi.

Bagaimana dengan kasus Anak Anda, apakah juga dilakukan pemeriksaan hitung jenis leukosit?

Setiap infeksi, peradangan ataupun alergi dapat menyebabkan peningkatan jumlah sel darah putih. infeksi bakteri, leukimia, trauma, peradangan, atau stress juga menyebabkan gejala leukosit yang tinggi dalam darah.

Untuk penanganannya juda didasari pada penyebabnya. Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan saran terapi yang Anda tanyakan tanpa adanya kepastian diagnosis. Untuk mendapatkan kepastian diagnosis dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu, Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar