Sukses

Ngantuk Dan Lemas Setelah Minum Alprazolam

13 Dec 2014, 23:20 WIB
Pria, 13 tahun.

DOK, SAYA INGIN TANYA, WAKTU ITU SAYA DIKASIH TABLET SAMA TEMAN KATANYA ITU ALPRAZOLAM, KOK SETELAH SAYA TELAN OBATNYA, EFEKNYA NGANTUK & LEMAS, ITU OBAT UNTUK APA YA DOK?? APA DILARANG PENGGUNAANYA?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Alprazolam adalah obat anti cemas yang termasuk kelas zat psikotropika benzodiazepine. Alprazolam memiliki sifat yang sama dengan golongan benzodiazepine lainnya, yaitu berikatan pada reseptor GABA. Beberapa efek dari Alprazolam adalah anti cemas, hipnotik (membuat ngantuk), pelemas otot rangka, anti kejang, dan memiliki efek amnestik (kemampuan membuat orang lupa terhadap sesuatu).

Efek samping yang dapat muncul saat mengkonsumsi Alprazolam adalah disinhibisi otot, perubahan libido, halusinasi, mulut kering, gangguan keseimbangan, gangguan berbicara, ide untuk bunuh diri, retensi buang air kecil, amnesia, mengantuk, ataupun pusing serta nyeri kepala.

Sebaiknya obat ini tidak dikonsumsi sembarangan tanpa adanya indikasi yang jelas dan saran terapi oleh dokter. Hentikan penggunaan alprazolam dan hubungi dokter anda jika anda memiliki efek samping serius berikut:

  • Tidak memiliki rasa takut
  • Depresi, ingin menyakiti diri sendiri atau bunuh diri
  • Hiperaktif, mudah marah, berhalusinasi
  • Kepala terasa ringan, pingsan
  • Kejang
  • Kulit dan mata menguning

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar