Sukses

Muntah Setelah Sikat Gigi

13 Dec 2014, 00:18 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter, saya seorang mahasiswa. tiap hari saya sering muntah pagi dan malam sehabis gosok gigi. saya tahu di sekitar gusi saya sangat sensitif saat gosok gigi pakai odol sehingga saya mengalami mual-mual lalu muntah. kalau sehabis makan 3-4 jam lalu gosok gigi pun juga muntah. hal sama pada tiap pagi juga muntah, tapi muntahan berupa cairan warna kuning ada sedikit darah yang serasa panas di lidah. orang bilang, itu cuma maag, minum obat buat lambung. tapi saya tidak yakin apakah obat itu bisa bekerja buat keadaan lambung saya. saya punya riwayat penyakit maag/ asam lambung, batuk dan darah rendah. menurut dokter, apakah pernyataan mengenai sebelumnay itu tidak ada apa-apa atau sehat-sehat saja? terima kasih, dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah rasa mual yang Anda rasakan ketika membuang busa bekas sikat gigi warnanya sedikit keruh? jika iya kemungkinan besar anda memiliki penyakit maag, warna keruh berasal dari asam lambung.  

Rasa mual atau reflek muntah dapat terjadi tidak hanya pada saat menyikat gigi tetapi juga pada saat perawatan gigi didokter. Pada setiap orang memiliki refleks muntah yang merupakan reaksi tubuh normal, untuk mencegah tersedak saat benda asing atau benda berbahaya memasuki saluran pernafasan atas dan paru-paru. Penyebab rasa ingin muntah juga bisa dikarenakan tenggorokan Anda terlalu sensitif. Terdapat bagian-bagian tertentu didalam rongga mulut yang sensitif terhadap sentuhan seperti pada langit-langit belakang, lidah bagian belakang dan amandel yang apabila tersentuh pada saat menyikat gigi akan menyebabkan timbul perasaan ingin muntah.

Faktor trauma karena muntah saat menggosok gigi juga bisa dijadikan salah satu penyebabnya. Penyebab lain yang sering terjadi adalah Anda menggosok gigi terlalu kencang, sehingga menekan bagian tenggorokan dan menyentuh langit tenggorokan.

Dalam artikel berikut dapat Anda baca selengkapnya mengenai rasa mual pada saat menyikat gigi dan penanganannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar