Sukses

Sakit Kepala Terasa saat Menunduk

19 Apr 2016, 10:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

kepala saya sakit udah 3 harian batuk berdahak agak menekan dada,di sertai pilek hidung mampet sakit kepala berdenyut sakit kepala terasa saat menunduk.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Suci Dwi Putri.

Sakit Kepala Terasa saat Menunduk

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Banyak sekali kemungkinan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan, namun keluhan kepala berdenyut sakit saat menunduk mengarahkan kami pada diagnosa sinusitis.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus

  • Kurangnya oksigen

  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Sinusitis diklasifikasikan menjadi Tiga, yakni

  • Sinusitis akut

Bila gejala berlangsung selama beberapa hari hingga 4 minggu.

  • Sinusitis subakut

Bila gejala berlangsung selama 4 minggu hingga 3 bulan

  • Sinusitis Kronis

Bila gejala berlangsung lebih dari 3 bulan

Beberapa gejala subjektif dibagi menjadi gejala sistemik dan gejala lokal, gejala sistemik yang dimaksud adalah demam dan lesu.  Gejala lokal yang muncul adalah ingus kental dan berbau, nyeri di sinus, reffered pain (nyeri yang berasal dari tempat yang lain­), yang bervariasi pada tiap sinus, seperti sinusitis maksila terdapat nyeri pada kelopak mata dan kadang-kadang menyebar ke alveolus, sinusitis etmoid, rasa nyeri dirasakaan di pangkal hidung dan kantus medius, sinusitis frontal, rasa nyeri dirasakan di seluruh kepala, sedangkan sinusitis sphenoid, nyeri dirasakan di belakang bola mata dan mastoid.

Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan ke dokter? Kami sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan ini agar dapat dilakukan segera pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung. Setelah diagnosis ditegakkan, terapi yang tepat dapat dipilih sesuai kondisi, dan masalah dapat teratasi hingga tuntas.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar