Sukses

Pantangan & Anjuran Bagi Penderita Glaukoma

29 Oct 2014, 12:35 WIB
Pria, 27 tahun.

Mau tanya, pantangan bagi penderita Gloukoma apa ya? mksh dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Peningkatan tekanan bola mata yang biasanya menimbulkan kerusakan saraf penglihatan dalam dunia medis disebut sebagai glaukoma. Genetik atau riwayat keturunan dalam keluarga merupakan latar belakang terjadinya glaukoma. ?Selain itu glaukoma dapat dipicu oleh penyakit lain (seperti diabetes) yang harus diterapi untuk mengembalikan tekanan bola mata ke ambang nilai normal.

Perlu diketahui bahwa kerusakan saraf pada penderita glaukoma memiliki kemungkinan untuk tidak dapat pulih seperti semula, apabila kerusakan saraf sudah bersifat permanen. Rangkaian terapi biasanya dilakukan untuk menurunkan tekanan di dalam bola mata dan mencegah kematian saraf akibat tekanan yang terlalu tinggi. Jenis terapi dapat berupa obat tetes mata penurun tekanan, operasi hingga terapi laser.

Perubahan gaya hidup dan modifikasi diet harus dilakukan pada penderita glaukoma. Terdapat beberapa kegiatan atau makanan yang dapat meningkatkan tekanan bola mata.

Berikut hal yang sebaiknya dihindari penderita glaukoma (Journal of Glaucoma, 2009):

  • Mengkonsumsi kopi. Konsumsi 1 cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan bola mata 1-4 mmHg selama 90 menit.

  • Melakukan posisi yoga/olahraga yang menyebabkan posisi jantung berada di bawah mata seperti headstand (posisi kepala di bawah, kaki di atas). 

  • Olahraga angkat beban, dapat meningkatkan tekanan bola mata hingga 22%

  • Merokok

Hal yang dapat dilakukan penderita glaukoma:

  • Olahraga aerobik

  • Menjaga berat badan ideal, kegemukan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes, jantung dan tekanan darah tinggi. Diabetes merupakan salah satu penyebab glaukoma sehingga nutrisi yang seimbang dan berat badan ideal dibutuhkan penderita glaukoma

  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran, buah dan sayuran kaya antioksidan yang bermnfaat bagi kesehatan mata terutama saraf mata

  • Kontrol gula darah, tekanan darah

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar