Sukses

Nyeri Tulang Ekor Paska Jatuh Terduduk

12 Dec 2014, 06:08 WIB
Wanita, 20 tahun.

assalamualaikum dokter saya mau tanya, dulu saya prnah jatuh langsung duduk itu kejadian sudah lama sekali, terkadang tulang ekor saya tersa sakit dulu waktu habis jatuh langsung dibawa ke tukang pijat, bagaimana dok ?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

 

Nyeri tulang ekor yang Anda alami termasuk dalam golongan Nyeri punggung bawah/Low back pain. Terdapat berbagai keadaan yang dapat menyebabkan keluhan ini, namun sebagian besar disebabkan oleh peregangan berlebihan akibat aktivitas berulang atau mobilisasi yang salah. Berdasarkan waktu keluhannya, LBP dibedakan menjadi LBP akut dan LBP kronis. Disebut LBP akut apabila keluhan tersebut dirasakan dalam waktu kurang dari 12 minggu, sedangkan dikatakan kronis apabila sudah dialami selama lebih dari 12 minggu.

Adapun risiko terjadinya LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga.

Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan (artritis rheumatoid), osteoporotik, kelainan bentuk pada tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Penyebab nyeri pada tulang ekor dapat berbagai macam, dari kelainan di tulang, saraf, atau otot. Oleh karena Anda memiliki riwayat terjatuh (trauma) maka kami sarankan memang Anda melakukan pemeriksaan foto rontgen tulang ekor oleh karena muncul juga nyeri pada daerah tulang serta kaki susah digerakkan. Untuk sementara Anda dapat coba konsumsi obat-obat untuk kesehatan saraf seperti vitamin B kompleks. kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf, dokter spesialis tulang(orthopedi), atau dokter spesialis rehabilitasi medik untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut, serta tidak dianjurkan untuk melakukan pemijatan. Untuk mengatasi nyeri sementara waktu Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar