Sukses

Gangguan Hormonal Pada Wanita

13 Dec 2014, 09:52 WIB
Wanita, 40 tahun.

sudah dioperasi miom, kista, polyp, endrometriosis, lalu difonis gangguan hormonal, hasil PA nya jinak, selanjutnya apa yg harus dilakukan dok, apakah akan kambuh lagi...atau bisa sembuh total, makanan apa yg disarankan...atas bantuannya diucapkan terima kasih...wassalam.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah yang Anda maksudkan dengan gangguan hormonal? Karena gangguan hormonal wanita cukup banyak. Apakah maksudnya gangguan haid akibat pengaruh hormon?

Perlu disadari bahwa gangnguan hormonal dapat disebabkan oleh banyak hal. Yang lazim diketahui secara umum bahwa gangguan dapat terjadi akibat terlalu sedikit hormon yang dikeluarkan (hipohormonal) atau akibat yang dikeluarkan terlalu berlebihan (hiperhormonal). Selain kedua jenis tersebut, gangguan dapat pula terjadi akibat hormon yang dikeluarkan tidak seimbang, artinya jenis hormon tertentu dikeluarkan secara berlebihan, sedangkan jenis yang lain dalam jumlah yang sedikit. Tidak jarang juga gangguan pada alat reproduksi terjadi akibat gangguan pada sistem hipotalamus-hipofisis (pusat regulasi hormon) atau akibat gangguan metabolisme hormon oleh hati seperti pada wanita dengan penyakit hati berat. Ada pula gangguan pada alat reproduksi yang disebabkan oleh tidak berfungsinya atau kerusakan pada reseptor target organ.

Gangguan-gangguan tersebut diatas umumnya dapat ditangani  dengan pemberian hormon dari luar. Namun demikian tidak jarang diperoleh hasil yang kurang memuaskan. Jenis, dosis hormon serta saat dan lama pemberian merupakan hal yang sangat penting dalam menangani jenis gangguan pada alat sistem reproduksi wanita. 

Lakukan Pemeriksaan rutin di pusat pelayanan medis terdekat, atau kepada dokter yang Anda biasa kunjungi. Dan berkonsultasilah mengenai tahapan lanjut dalam terapi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar