Sukses

Bengkak Pada Muka dan Kaki

15 Dec 2014, 13:40 WIB
Pria, 85 tahun.

penderita asma, saat ini kaki dan muka bengkak gemuk seperti berair, apa yg harus kami lakukan dok...atas bantuannya diucapkan terima kasih...wassalam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Bengkak gemuk seperti berair dikenal dengan edema ( Oedema ) atau sembab. Edema bisa bersifat lokal maupun menyebar, dapat disebabkan oleh berbagai hal dan dapat terjadi dimanapun dibagian tubuh.

Oedema akan terjadi pada organ tertentu sebagai bagian dari peradangan. Contoh oedema pada organ tertentu yaitu :

  1. Cerebal oedema adalah akumulasi cairan ekstraseluler dalam otak.
  2. Oedema juga dapat ditemukan dalam kornea mata dengan glukoma, konjungtivitis berat atau keratitis atau setelah operasi.
  3. Oedema di sekitar mata disebut priorbital oedema atau kantung mata. Periorbital merupakan jaringan longgar yang paling terasa bengkak segera setelah bangun, mungkin karena redistribusi gravitasi cairan dalam posisi horizontal.
  4. Oedema pada exstremitas bawah sering terjadi pada pasien dengan gagal jantung

Sedangkan edema yang ditandai dengan terjadinya pengumpulan cairan edema di banyak tempat dinamakan edema umum (general edema). Penyebabnya dapat disebabkan oleh gangguan jantung, gangguan ginjal, gangguan hati berat, malnutrisi (kekurangan protein).

Dibutuhkan data lebih lengkap seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik dan penunjang yang dilakukan secara langsung agar dapat memastikan kondisi yang terjadi pada Anda. Kami harap Anda tidak mengganggap sepele keluhan ini, dan segera memeriksakan diri ke pusat pelayanan medis terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar