Sukses

Hasil Tekanan Darah Lengan Kanan dan Kiri Berbeda

15 Dec 2014, 14:01 WIB
Pria, 41 tahun.

Salam jumpa dok. Tensi darah lengan kiri 120,/90 mmhg, lengan kanan 90/60 mmhg, apakah berbahaya dok? Sy tdk merokok, tdk minum alkohol dan suka jalan kaki tiap hari 3 km. Apa yg hrs sy lakukan. Thanks.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Umumnya, perbedaan kecil dalam pembacaan tekanan darah antara lengan bukanlah masalah kesehatan. Namun, perbedaan lebih dari 20 milimeter air raksa (mm Hg) untuk tekanan sistolik (angka atas) atau lebih dari 10 mm Hg untuk tekanan diastolik (angka bawah) mungkin merupakan tanda dari masalah yang mendasari - seperti penyempitan utama pada arteri lengan itu.

Perbedaan dari 10 sampai 15 mm Hg untuk tekanan sistolik yang muncul berulang kali adalah penanda risiko penyakit pembuluh darah dan risiko lebih besar terkena penyakit jantung dan komplikasi yang terkait selama 10 tahun ke depan.

Perbedaan besar dalam pengukuran tekanan darah antara lengan Anda dapat sinyal masalah kesehatan, seperti:

  •      Penyumbatan pembuluh darah di lengan (penyakit arteri perifer)
  •      Diseksi Aorta
  •      penyakit ginjal
  •      diabetes
  •      gangguan jantung

Pada kunjungan dokter Anda berikutnya, mintalah agar tekanan darah Anda kembali diperiksa di kedua lengan. Jika tetap ditemukan perbedaan besar, tes lain yang disebut indeks ankle-brachial mungkin dibutuhkan untuk menentukan ada tidaknya penyakit arteri perifer.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar