Sukses

Memilih Pil KB yang tidak membuat gemuk dan menambah jumlah bulu rambut

15 Dec 2014, 15:02 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, saya berencana utk memakai pil kb, kira2 pil kb apa yg cocok utk saya? Saat ini saya masih menyusui anak, tp sudah jarang sekali (paling hanya malam hari saja) dan anak saya sudah berusia 16 bulan. Saya ingin mencari pil kb yg tidak membuat gemuk dan menambah jumlah bulu rambut, krn melihat saya mempunyai bulu rambut yg sudah lumayan ketara dan banyak di tubuh, serta tidak menimbulkan jerawat. Biasanya ketika menjelang menstruasi. Saya sering mengalami sakit kepala. Kira2 pil kb yg cocok untuk saya apa?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Terdapat dua jenis pil kontrasepsi, yaitu pil kombinasi dan pil progestin (mini pil). Jika Anda menyusi dan menginginkan kontrasepsi pil, untuk minipil dapat dimulai 6 minggu setelah melahirkan dan untuk pil kombinasi 6 bulan setelah melahirkan.

Bentuk kontrasepsi pil termasuk dalam jenis kontrasepsi hormonal, dengan efek samping yang hampir sama pada setiap macam bentuknya. Kontrasepsi hormonal memiliki kelebihan pada tingkat efektivitasnya dibanding kontrasepsi alamiah, walaupun memang memiliki efek samping berhubungan dengan hormon seperti peningkatan tekanan darah atau peningkatan berat badan (pada sebagian wanita ini merupakan efek samping yang positif). Namun jika Anda tidak menginginkan timbulnya efek samping tumbuh rambut tubuh berlebihan, sebaiknya Anda tidak memilih minipil karena efek samping ini lebih sering ditemukan pada pemakaian jenis pil ini.

Jika Anda tidak mau ambil pusing akibat efek samping dari jenis KB hormonal, Anda dapat memilih kontrasepsi non-hormonal, seperti; spiral atau kontrasepsi mantap (bila yakin jumalah Anak sudah cukup,atau kehamilan berikutnya sangat beresiko).

Berkonsultasilah kembali dengan dokter Anda mengenai pilihan kontrasepsi yang tepat sesuai dengan kondisi yang tubuh Anda untuk mencapai tujuan KB sebenarnya, dan dapat menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar