Sukses

Terserang Flu Setelah Nyeri Perut

15 Dec 2014, 15:15 WIB
Pria, 15 tahun.

Saya ingin bertanya, saya terkena penyakit batu empedu, belum dioperasi karena saya masih mencoba berobat jalan dahulu, saya masih suka merasakan sakit di bagian perut, setelah sakit itu hilang saya selalu terkena flu. Bagaimana cara mengatasi sakit itu dan kenapa bisa terjadi flu setelah sakit di perut hilang?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan.Namun, Tidak didapatkan kaitan langsung antara flu dan nyeri perut yang diakibatkan oleh batu empedu. Flu yang Anda derita terjadi ketika daya tahan tubuh Anda rendah, sehingga  saluran nafas dapat terserang baik oleh virus maupun bakteri.

Sedangkan untuk mengatasi nyeri perut akibat batu empedu, jalan terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, yaitu menghilangkan batu empedu, baik dengan obat-obatan yang dapat memecah batu maupun tindakan bedah. Sementara itu, nyeri perut dapat diatasi dengan pemberian obat-obat pengurang rasa nyeri yang dapat Anda beli tanpa resep dokter. Namun perlu diperhatikan, penggunaan obat-obatan ini tidak dianjurkan untuk pemakainan rutin atau dalam jangka waktu lama, karena akan berakibat pada lambung, yang justru akan menimbulkan rasa nyeri perut dibagian lain (ulu hati).

Sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai pilihan jalan terapi untuk mengatasi batu empedu Anda, agar keluhan yang Anda rasakan tidak berkelanjutan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar